Sukses

Health

15 Penyebab Sakit Telinga yang Perlu Diwaspadai, Lengkap Beserta Gejala dan Penanganannya

Fimela.com, Jakarta Sakit telinga adalah masalah umum, terutama pada anak-anak. Ini bisa mengkhawatirkan, tetapi biasanya hanya disebabkan oleh infeksi kecil dan seringkali akan membaik dalam beberapa hari tanpa pengobatan.

Sakit telinga dapat menyerang satu atau kedua telinga, tetapi sebagian besar terjadi di satu telinga. Ini mungkin terjadi konstan atau datang dan pergi, serta rasa sakit terasa tumpul, tajam, atau terbakar.

Jika kamu mengalami infeksi telinga, demam dan gangguan pendengaran sementara dapat menyertainya. Anak kecil yang mengalami infeksi telinga cenderung rewel dan mudah tersinggung. Mereka mungkin juga menarik atau menggosok telinga mereka.

Untuk lebih jelasnya, berikut Fimela.com telah merangkum 15 penyebab sakit telinga yang perlu diwaspadai, lengkap beserta gejala dan penanganannya. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Gejala Sakit Telinga

Sakit telinga dapat berkembang dari infeksi atau cedera telinga. Gejala pada orang dewasa meliputi:

  • sakit telinga
  • gangguan pendengaran
  • keluarnya cairan dari telinga

Anak-anak biasanya dapat menunjukkan gejala tambahan, seperti:

  • sakit telinga
  • pendengaran yang teredam atau kesulitan menanggapi suara
  • demam
  • kesulitan tidur
  • menarik atau menarik telinga
  • menangis atau bertindak mudah tersinggung lebih dari biasanya
  • sakit kepala
  • kehilangan selera makan
  • kehilangan keseimbangan

Penyebab Sakit Telinga yang Perlu Diwaspadai

Cedera, infeksi, iritasi pada telinga, atau nyeri yang dirujuk dapat menyebabkan sakit telinga. Nyeri yang dirujuk adalah nyeri yang dirasakan di tempat lain selain infeksi atau tempat cedera. Misalnya, nyeri yang berasal dari rahang atau gigi mungkin akan terasa di telinga. Penyebab sakit telinga bisa meliputi:

Infeksi telinga

Infeksi telinga adalah penyebab umum sakit telinga atau sakit telinga. Infeksi telinga dapat terjadi di telinga luar, tengah, dan dalam.

Infeksi telinga luar bisa disebabkan karena berenang, memakai alat bantu dengar atau headphone yang merusak kulit di dalam liang telinga, atau memasukkan kapas atau jari ke dalam liang telinga.

Kulit di saluran telinga yang tergores atau teriritasi dapat menyebabkan infeksi. Air melembutkan kulit di saluran telinga, yang dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

Infeksi telinga tengah dapat disebabkan oleh infeksi yang berasal dari infeksi saluran pernapasan. Penumpukan cairan di belakang gendang telinga yang disebabkan oleh infeksi ini dapat membiakkan bakteri.

Labyrinthitis adalah kelainan telinga bagian dalam yang terkadang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri dari penyakit pernapasan.

Penyebab umum sakit telinga lainnya

  1. perubahan tekanan, seperti saat terbang di pesawat
  2. penumpukan kotoran telinga
  3. sebuah benda asing di telinga
  4. radang tenggorokan
  5. infeksi sinus
  6. sampo atau air yang terperangkap di telinga
  7. penggunaan kapas di telinga
  8. sindrom sendi temporomandibular (TMJ)
  9. gendang telinga berlubang
  10. radang sendi yang mempengaruhi rahang
  11. gigi yang terinfeksi
  12. gigi yang terkena benturan
  13. eksim di liang telinga
  14. neuralgia trigeminal (nyeri saraf wajah kronis)

Mengobati Sakit Telinga di Rumah

Kamu dapat mengambil beberapa langkah di rumah untuk mengurangi sakit telinga. Cobalah opsi berikut untuk meredakan sakit telinga:

  • Tempelkan waslap dingin ke telinga.
  • Hindari membasahi telinga.
  • Duduk tegak untuk membantu meredakan tekanan telinga.
  • Gunakan obat tetes telinga over-the-counter (OTC).
  • Minum obat pereda nyeri OTC.
  • Kunyah permen karet untuk membantu meredakan tekanan.
  • Beri makan bayi untuk membantu mereka mengurangi tekanannya.

Perawatan medis untuk sakit telinga

Jika kamu mengalami infeksi telinga, dokter akan meresepkan antibiotik oral atau obat tetes telinga. Dalam beberapa kasus, mereka akan meresepkan keduanya.

Jangan berhenti minum obat setelah gejala membaik. Penting bagi kamu untuk menyelesaikan seluruh resep untuk memastikan bahwa infeksi akan sembuh sepenuhnya.

Jika penumpukan kotoran telinga menyebabkan sakit telinga, kamu mungkin diberi obat tetes telinga pelembut lilin. Bahan ini dapat menyebabkan lilin rontok dengan sendirinya. Dokter mungkin juga membuang lilinnya menggunakan proses yang disebut lavage telinga, atau mereka mungkin menggunakan alat penghisap untuk mengeluarkan lilin.

Dokter akan mengobati TMJ, infeksi sinus, dan penyebab sakit telinga lainnya secara langsung untuk meredakan sakit telinga.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading