Sukses

Health

5 Penyebab Tidur Gelisah yang Perlu Diketahui, Pengaruh Barang Elektronik hingga Efek Makanan

Fimela.com, Jakarta Susah tidur nyenyak di malam hari akibat gelisah memang bukan menjadi pertanda baik. Sebagian orang mungkin saja menganggapnya hal biasa. Padahal sebenarnya selain dapat mengganggu aktivitas keseharian, susah tidur karena merasa gelisah juga bisa menjadi sebuah pertanda adanya kondisi kesehatan tertentu. 

Semakin sering mengabaikan kebiasaan tidur tidak nyenyak, akan berdampak pada kualitas tidur yang buruk dan tidak teratur. Kondisi ini akan membuat waktu istirahat di malam hari menjadi tidak maksimal.

Jadi, memang penting untuk mengenali penyebab munculnya rasa gelisah saat ingin tidur yang sering melanda ini agar lebih mudah mengatasinya. Penyebab gelisah saat tidur biasanya disebabkan oleh psikis dan gaya hidup.

Untuk lebih jelasnya, berikut Fimela.com telah merangkum 5 penyebab tidur gelisah yang perlu diketahui, mulai dari pengaruh barang elektronik hingga efek mengonsumsi makanan tertentu. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Pengaruh Penggunaan Laptop

Mengetik di komputer sebelum tidur mungkin terdengar bagus untuk beristirahat, tapi penelitian menunjukkan bahwa `cahaya biru` yang dipancarkan dari gadget bisa menekan tingkat melatonin dan memengaruhi jam tubuh kita. Matikan gadget satu jam sebelum tidur atau redupkan layar sebisa mungkin setelah pukul 20.00.

Terlalu Banyak Mengonsumsi Obat

Jika kamu demam atau bahkan flu, kamu tentu berjuang menghilangkan flu dan batuk itu dengan minum banyak obat. Tapi, itu bisa membuatnya menjadi buruk.

Pseudoefedrin yang adai di sebagian besar tablet dekongestan bisa menyebabkan insomnia. Sehingga kandungan tersebut ada pada obat yang khusus dirancang untuk waktu malam.

Berendam Air Hangat

Mandi air hangat yang lama bisa membuat kamu merasa lebih santai, tapi langsung ketempat tidur usai mandi benar-benar bukan ide yang baik.

Penurunan suhu tubuh yang secara alami pada malam hari bisa membuat kamu merasa lebih santai. Mandi air hangat bisa membuat suhu tubuh naik, tapi itu adalah pendinginan yang sebenarnya mempermudah proses membuat kamu menjadi santai.

Semakin kamu beranjak ke dalam selimut usai mandi air panas tak akan membuat tubuh relaks. Mandilah setidaknya satu jam sebelum tidur untuk hasil terbaik.

Marah atau Merasa Emosional

Jika dada dibebani usai berdebat sebelum tidur, ini akan membuat kamu melek. Stres dan stimulasi yang berlebihan sebelum tidur tak akan membuat otak menjadi santai, jadi kamu akan sulit tidur dan terus merasa gelisah

Ini juga berlaku untuk pengiriman SMS yang berisi marah-marah atau sulit menelepon seseorang. Jadi simpan untuk pagi hari.

Mengonsumsi Makanan Karbohidrat

Makan makanan bertepung sebelum tidur bisa membebani sistem pencernaan dan membuat kamu merasa kembung. Penelitian menunjukkan perut yang penuh bisa merangsang gelombang otak yang mengakibatkan mimpi buruk. Jadi hindari makan besar dua jam sebelum tidur.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading