Sukses

Lifestyle

5 Jenis Tanaman Cantik yang Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur di Malam Hari

Fimela.com, Jakarta Salah satu hobi yang digandrungi oleh banyak orang di masa pandemi adalah memelihara tanaman cantik di rumah. Selain dapat mempercantikkan dekorasi ruangan, meletakkan tanaman di kamar tidur memiliki banyak manfaat. Mulai dari aromanya yang menyegarkan, meningkatkan kelembapan udara hingga kekuatan penyerap racun.

Tanaman yang diletakkan di kamar tidur dapat membantu seseorang untuk meningkatkan kualitas tidur lebih baik seperti membuat tidur jadi lebih nyenyak, di mana ini tentu membawa serangkaian manfaat kesehatan bagi tubuh.

Dilansir merdeka.com, Kamis (28/10/2021), ada beberapa jenis tanaman hias yang cantik dan tidak perlu membutuhkan banyak cahaya dari outdoor sehingga cocok dipelihara di dalam kamar serta dapat membantu meningkatkan kualitas tidur yang baik bagi seseorang.

1. Lavender

Sudah rahasia umum bahwa tanaman lavender dikenal memiliki manfaat yang memberikan efek relaksasi. Selaini itu, lavender bermanfaat untuk menurunkan heart rate, tekanan darah hingga stres. Tidak heran jika jenis bunga ini menjadi incaran banyak orang dan dimanfaatkan untuk produk kesehatan hingga kecantikan guna mengusir stres serta memberikan efek rileks.

Lavender dapat dimanfaatkan secara alami dengan memeliharanya di dalam rumah. Letakkan lavender di dalam kamar agar bisa membantumu mendapatkan tidur yang lebih nyenyak di malam hari. Disarankan untuk meletakkan lavender di dekat jendela kamar, sebab tanaman satu ini sangat menyukai kehangatan sinar matahari. Jangan lupa untuk jauhkan dari tempat yang lembap.

2. Lidah Buaya

Tanaman ini sangat populer dengan manfaatnya untuk kecantikan. Tentu saja, memelihara lidah buaya di rumah dapat dijadikan salah satu langkah praktis untuk membuat DIY skincare. Namun, manfaat lidah buaya tidak hanya itu saja, sebab lidah buaya ternyata memiliki manfaat dalam menjaga kualitas udara di malam hari.

Lidah buaya atau yang dikenal dengan nama latin aloe vera ini mampu memproduksi oksigen di malam hari. Dengan begitu, sangat direkomendasikan untuk meletakkan lidah budaya di dalam kamar saat malam hari untuk menjaga kualitas udara ketika ingin sekedar beristirahat ataupun tidur. Sementara, pastikan aloe vera di siang harinya mendapat asupan sinar matahari yang cukup agar tetap sehat.

3. Snake Plant

Snake plant menjadi salah satu tanaman yang banyak ditanam selama masa pandemi. Tanaman ini dikenal dengan kemampuannya sebagai natural air purifier, sebab dapat memproduksi oksigen di malam hari sehingga membantu seseorang tidur lebih nyenyak di malam hari. Selain bisa memproduksi oksigen, snake plant juga dikenal mampu menyaring komponen berbahaya yang ada di udara dan berdampak buruk untuk saluran pernapasan.

4. Peace Lily

Memiliki nuansa warna putih menjadikan tanaman peace lily ini sangat cantik. Selain cantik, tanaman ini menyimpan manfaat yang luar biasa. Peace lily dikenal dengan manfaatnya untuk membersihkan udara sehingga cocok dipelihara di lingkungan yang panas dan kering karena mampu meningkatkan kelembapan ruangan hingga 5%.

Manfaat tersebut juga akan sangat cocok jika peacy lily diletakkan di kamar tidur saat malam hari. Kelembapan ruangan yang tinggi saat malam sangat baik untuk membantu sistem pernapasan. Tak hanya itu, tingkat kelembapan yang rendah bisa menyebabkan kulit serta rambut menjadi kering. Jika hal ini terjadi, besar risiko untuk terpapar flu dan penyakit saluran pernapasan lainnya.

5. Valerian

Siapa sangka valerian tidak hanya bisa dijadikan sekedar penghias rumah. Nyatanya, salah satu herbal yang memiliki bentuk cantik ini telah digunakan selama berabad-abad lamanya dalam mengatasi masalah gangguan tidur dan insomnia. Dengan menghirup aroma valerian yang manis ini telah teruji dapat meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

Bagi seseorang yang memiliki kesulitan untuk tidur di malam hari, cobalah untuk menambahkan beberapa kelopak valerian ke dalam air ketika mandi atau menghirup aromanya sebelum tidur. Pastikan untuk meletakkan tanaman ini di dalam kamar saat malam hari. Namun, tak lupa untuk meletakkan valerian di dekat jendela pada siang hari agar terkena sinar matahari guna menjaga tanaman ini tetap sehat.

Masa pandemi masih belum berakhir, maka sistem imun perlu dijaga agar terhindar dari berbagai virus terutama virus Covid-19. Nah, beberapa jenis tanaman diatas bisa membantu tidur Sahabat Fimela memiliki kualitas tidur yang baik sehingga sistem imun tubuh pun bisa meningkat dan dapat membantu menjaga kesehatan.

Ditulis: Atika Riyanda Roosni

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading