Sukses

Lifestyle

10 Tanaman Hias yang Cocok untuk Kamar Mandi, Bisa Menyerap Lembap

Fimela.com, Jakarta Mendekorasi kamar mandi dengan tanaman hias ternyata tidak hanya mempercantik ruangan saja. Dengan kehadiran tanaman hias, udara di kamar mandi akan lebih bersih dan suasana pun semakin asri.

Namun, tak semua jenis tanaman hias dapat hidup di kamar mandi yang memiliki kondisi lembap. Salah memilih tanaman hias justru membuatnya menjadi tak subur dan mati.

Untuk itu, kamu perlu tahu nih tanaman hias apa saja yang cocok buat di kamar mandi. Dikutip dari money.co.uk, berikut selengkapnya.

1. Lidah Mertua (Sansevieria)

Sansevieria atau yang dikenal tanaman hias lidah mertua merupakan tanaman kamar mandi yang sangat baik.  Tanaman satu ini bisa tumbuh subur dalam kelembapan yang tinggi.

Tanaman hias ini juga cocok buat kamu yang pemula, sebab tidak diperlukan perawatan ekstra dalam merawatnya. Bahkan, tanaman ini tidak perlu penyiraman ekstra sama sekali.

Selain bentuknya yang cantik, lidah mertua juga memiliki sejumlah manfaat lainnya. Salah satunya dapat menyaring racun dari udara, sempurna untuk kamu yang khawatir memakai bahan kimia untuk menghilangkan bau tak sedap di kamar mandi.

2. Air Plants (Tillandsia spp.)

Tanaman yang tahan lama dan sulit dirawat ini tumbuh subur dalam kondisi panas dan lembap. Sehingga tanaman ini akan terasa betah di kamar mandi.

Tanaman ini mengambil nutrisi dari udara, cahaya dan air melalui pembuluh kecil di daun.  Tanaman ini juga tidak membutuhkan tanah sama sekali yang membuatnya sangat mudah dirawat.

3. Boston Fern

Tanaman yang penuh dan lebat ini membutuhkan cukup banyak ruang untuk tumbuh, jadi sangat cocok jika kamu memiliki sedikit lebih banyak ruang untuk bermain saat membuat kanopi kamar mandimu.

Pakis pada umumnya tumbuh subur di lingkungan dengan kelembapan tinggi dan hangat, sehingga sangat cocok diletakkan di kamar mandi.

4. Ivy

Selain membuat ruangan tampak asri, tanaman gantung ini menyukai kelembapan ini. Ivy Plant juga efektif membersihkan udara, sehingga sangat cocok menghiasi kamar mandimu.

Mereka tumbuh sangat cepat, sehingga kamu dapat mulai memanfaatkan semua ruang vertikal di kamar mandi.

5. Lili Paris (Chlorophytum comosum)

Tanaman laba-laba atau lili paris patut kamu pertimbangkan sebagai tanaman hias kamar mandi. Tanaman ini juga dapat tumbuh subur di kondisi yang lembap.

Begitu mereka mencapai kedewasaan, tanaman berumput ini akan mulai menumbuhkan cabang, yang dapat dipangkas dan diperbanyak untuk membuat lebih banyak tanaman laba-laba tanpa uang ekstra!.

6. Calathea (Calathea spp.)

Daun lilin berwarna-warni calathea akan menjadi tambahan yang mencolok di antara lautan hijau di hutan hujan kamar mandi kamu.

Namun perlu diperhatikan, mereka bisa sangat rewel dan lebih suka tempat teduh dengan banyak kelembapan. Calathea awalnya cukup kecil, tetapi tumbuh dengan cepat, jadi mulailah dari rak dan pindahkan ke lantai saat matang.

7. Sirih Gading (Epipremnum aureum)

Siapa yang tak mengetahui tanaman hias sirih gading? Tanaman merambat ini sempat populer di sepanjang tahun 2020.

Sirih gading memiliki berbagai ukuran daun, warna, dan variasi. Tanaman ini bisa tumbuh di luar ruangan, maupun di dalam ruangan seperti kamar mandi. Menariknya, sirih gading bisa membersihkan udara di rumah dari zat beracun seperti formaldehida, xylene, benzene, hingga karbon monoksida.

8. Peace Lily (Spathiphyllum spp.)

Dengan daun hijau mengkilap yang dalam dan bunga putih cerah, peace lily adalah salah satu tanaman paling efektif untuk dimasukkan dalam koleksi tanaman kamar mandimu.

Mereka menyukai kelembapan dan lebih suka disimpan di lokasi dengan cahaya rendah, tetapi jika kamu menemukan bunga bakung kamu layu secara teratur, mungkin sudah saatnya untuk meningkatkan ke pot yang lebih besar.

9. Philodendron Heartleaf (Philodendron scandens)

Philodendron Heartleaf sangat kuat, menjadikannya pilihan yang bagus untuk pemilik pabrik baru. Beberapa tanaman rumah sama bersemangatnya untuk didaki seperti philodendron heartleaf.

Jika kamu membiarkan batang panjang tumbuh, kamu dapat meletakkan tanaman di keranjang gantung untuk fitur dinding kamar mandi yang indah atau membiarkannya menyusuri dinding untuk oasis kamar mandi terbaik.

10. Lidah Buaya

Lidah buaya termasuk sukulen yang artinya tidak membutuhkan banyak air, apalagi jika disimpan di kamar mandi yang lembap. Faktanya, penyiraman yang berlebihan dapat merusak tanaman Aloe.

Gel di dalam daun tanaman lidah buaya dapat digunakan untuk meredakan luka bakar dan kulit yang sakit, tetapi hanya pecah sedikit setiap kali kamu perlu menggunakannya.

Selain itu, lidah buaya juga terkenal sebagai agen pemurni udara. Sukulen ini dapat menyingkirkan zat beracun di udara seperti formalin dan benzene yang umum terdapat di cairan pembersih. Lidah buaya juga berperan sebagai peninjau kadar polusi.

Mirip dengan tanaman laba-laba, lidah buaya menghasilkan "tunas" yang dapat dipangkas dan diperbanyak di tanah untuk membuat tanaman baru.

 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading