Sukses

Health

7 Penyebab Imun Turun yang Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Di musim pancaroba seperti ini, Sahabat Fimela harus menjaga sistem imun tubuh tetap kuat, agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit, yang membahayakan nyawa diri sendiri atau menular ke orang lain.

Saat imun turun, tubuh tidak memiliki antibodi yang kuat untuk melawan kuman, parasit, virus atau bakteri penyebab berbagai macam penyakit. Sel imun di dalam tubuh akan menjadi kuat, jika Sahabat Fimela menjaga sel darah putih dengan benar.

Ada beberapa penyebab imun turun yang sering kali tidak kita sadari. Salah satunya adalah melakukan pola hidup yang kurang sehat. Untuk mengetahui penyebab imun turun lainnya, yuk simak artikel berikut ini, yang dilansir dari Liputan6.com:

Penyebab Imun Turun

1. Stres

Penyebab imun turun yang pertama yaitu karena stres. Stres bisa dialami segala usia, karena terlalu banyak tekanan di dalam hidup. Saat stres, kepala akan terasa pusing, dada menjadi sesak, muncul perasaan gelisah, dan ada beberapa otot serta saraf yang menegang.

2. Dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan bisa membuat imun turun. Karena pada dasarnya tubuh manusia terdiri dari 60% cairan. Cairan diperlukan tubuh untuk melancarkan sirkulasi darah, dan membawa nutrisi serta oksigen ke seluruh tubuh. Jika tubuh dehidrasi, sistem imun akan menurun dan tubuh terasa sangat kelelahan. Untuk itu, minumlah air putih sekitar 8gelas sehari untuk mencegah dehidrasi.

3. Kurang Nutrisi

Imun di dalam tubuh bisa menurun jika kurang mengonsumsi nutrisi. Nutrisi ini bisa didapatkan dari mengonsumsi buah-buahan, sayuran dan makanan bergizi lainnya. Agar sistem imun tubuh lebih kuat, sebaiknya perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin C.

4. Jarang Berolahraga

Kalau kamu jarang berolahraga atau jarang bergerak, maka sistem imun tubuh bisa menurun. Olahraga memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menguatkan otot, dan memperlancar sirkulasi darah. Lakukanlah olahraga setiap rutin dengan intensitas sedang, seperti lari, jalan kaki, senam atau yoga.

Penyebab Imun Turun

5. Tidak Menjaga Kualitas Tidur

Sistem imun bisa menurun kalau kamu tidak menjaga kualitas tidur dengan baik. Kebiasaan begadang bisa membuat tubuh lelah, fokusmu menjadi terganggu, dan sel tubuh tidak bisa bekerja dengan baik untuk melawan virus. Sebaiknya tidurlah selama 8jam sehari sebelum jam 10 malam.

6. Mengonsumsi Alkohol

Alkohol adalah minuman berbahaya yang seharusnya dihindari. Alkohol bisa membuat imun turun, menghilangkan kesadaranmu, dan merusak sistem saraf otak. Bahkan alkohol dapat merusak organ vital tubuh seperti hati, jantung, pankreas, dan sistem pencernaan.

7. Tidak Pernah Terkena Sinar Matahari

Penyebab imun turun yang terakhir adalah tidak pernah terkena sinar matahari. Padahal sinar matahari memberikan manfaat untuk tubuh, yaitu meningkatkan vitamin D, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menguatkan tulang dan membantu melawan berbagai macam penyakit. Menurun sebuah penelitian, lebih baik berjemur selama 30menit di bawah sinar matahari setiap jam 9 pagi.

Makanan yang Meningkatkan Imun Tubuh

1. Sop Ayam

Makanan yang bisa membantu meningkatkan imun tubuh adalah sop ayam. Karena sop ayam bisa membantu menghangatkan tubuh, dan membantu menyembuhkan infeksi virus atau penyakit, seperti penyakit influenza atau gangguan sistem pencernaan.

2. Kacang-Kacangan

Kacangan-kacangan juga bisa dikonsumsi untuk meningkatkan imun tubuh. Karena kacang-kacangan memiliki kandungan vitamin dan mineral lengkap yang dibutuhkan tubuh. Kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi adalah almon, kenari, mete dan pistachio.

3. Ikan

Ikan memiliki berbagai macam nutrisi yang bisa mengatasi berbagai macam penyakit. Ikan mengandung omega-3 yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh, seperti ikan salmon, makare, sarden, teri dan ikan lainnya.

4. Teh Herbal

Teh herbal seperti teh hijau, teh hitam, teh bunga chamomile dan lain sebagainya, mengandung senyawa antioksidan yang berasal dari vitamin C, magnesium, gingerols, shogaols dan zingerone, yang bisa membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh.

5. Lemon

Air perasan lemon diperkaya dengan kandungan vitamin C yang mengandung senyawa antioksidan, sehingga bisa mengatasi infeksi di dalam tubuh. Lemon yang dicampur dengan teh rasanya akan lebih enak dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading