Sukses

Health

7 Penyebab Telinga Gatal dan Berair yang Sering Menganggu

Fimela.com, Jakarta Pernah mengalami telinga berair atau gatal? Perasaan ini tentu akan membuat kita tidak nyaman saat mendengarkan sesuatu. Telinga yang gatal terkadang akan sulit untuk di garuk, apalagi ketika gatal yang kita alami berada di dalam telinga.

Begitu pula dengan telinga yang berair, hal ini akan terjadi setelah kita mandi atau berenang. Biasanya air akan masuk dan membuat kita kesulitan untuk mendengar atau sering disebut "bindeng", mengeluarkan air yang berada di dalam telinga juga tak cukup mudah. 

Ketika kamu mengalami perasaan tidak nyaman seperti jangan langsung membersihkan menggunakan cotton bud, pasalnya pengunaan tersebut kurang dianjurkan untuk membersihkan telinga. Jika kamu mengalami telinga gatal dan berair, berikut beberapa penyebab yang perlu kamu waspadai:

1. Infeksi Telinga

Telinga gatal yang kita dialami biasanya akan ditandai dengan adanya infeksi atau telinga kita yang berkembang, bakteri dan virus biasanya akan menyebabkan infeksi yang bersamaan dengan flu maupun pilek.

Infeksi pada telinga terjadi ketika seseorang mengalami adanya air yang menumpuk sehingga membuat kotoran pada telinga semakin banyak, tak hanya itu infeksi telinga yang cukup kronis sangat perlu membutuhkan perawatan yang lebih lanjut.

2. Telinga Kering

Telinga biasanya akan menghasilkan minyak dan kotoran untuk menjaga telinga tetap bersih dan sehat, jika kamu terlalu sering membersihkan telinga maka akan membuat kotoran cepat mengering dan biasanya akn disertai dengan rasa menganggu dan gatal.

Beberapa orang lain mungkin tidak akan menghasilkan cukup kotoran telinga secara alami, sehingga akan membuat telinga menjadi lebih kering. Jika kamu mengalami kotoran telinga yang kering maka akan menemukan serpihan kulit kering di sekitar telinga. 

3. Alergi Makanan

Ternyata reaksi alergi makanan juga akan mempengaruhi telinga kamu, termasuk gatal dan berair. Berikut beberapa alergi makanan yang dapat menyebabkan masalah pada telinga:

  • Kacang.
  • Susu.
  • Ikan dan kerang.
  • Gandum.
  • Kedelai.

Seseorang mungkin akan mengalami gatal-gatal di bagian wajah lainnya, tak hanya itu terkadang beberapa orang diantaranya akan mengembangkan rasa gatal pada area tubuh. 

4. Penyumbatan Kotoran di Telinga

Penumpukana kotoran di telinga tentu akan menyebabkan telinga yang gatal dan akan mempengaruhi pendengaran seseorang, telinga menghasilkan kotoran untuk membantu menjaga masalah tersebut, seperti menjaga kebersihan telinga dan melindungi adanya infeksi pada telinga. 

Kotoran telinga secara alami akan keluar dari telinga, membawa sel-sel kulit mati dan kotoran yang akan mengering serta mengelupas seiring waktu. Penumpukan kotoran pada telinga dapat terjadi ketika kita berusaha memasukkan benda pada saluran telinga. Jika kamu pernah memasukkan kapas, jari, atau kain yang dipelintir ke dalam telinga maka akan mendorong kotoran telinga lebih jauh kebelakang dan menjadikan penyumbatan pada telinga. 

5. Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar ternyata dapat menyebabkan telinga gatal karena lapisan plastiknya, beberapa orang mugkin memiliki kulit sensitif atau reaksi alergi ringan terhadap bahan tersebut. Orang yang menggunakan alat bantu dengar terkadang akan mengalami gatal jika air terperangkap di belakang alat bantu dengar. 

 

6. Berenang

Apakah kamu salah satu orang yang sering berenang dan mengalami masalah pada telinga? Jika air terperangkap pada telinga maka akan menyebabkan kondisi yang disebut sebagai otitis esterna akut. Kondisi ini dikenal sebagai telinga perenang karena sering mempengaruhi orang yang berenang. 

Bakteri dapat berkembang biak di dalam air yang terperangkap dan dapat menyebabkan infeksi, terkadang setelah berenang kita akan merasakan gatal pada telinga. Berikut beberapa gejala yang mungkin kamu alami:

  • Sakit di telinga.
  • Nyeri di wajah, leher, atau kepala.
  • Radang di sekitar telinga. 
  • Telinga terasa tersumbat. 
  • Kesulitan mendengar.

7. Rinitis Alergi

Rinitis alergi juga biasa dikenal sebagai demam, hal ini akan terjadi ketika seseorang memiliki reaksi alergi terhadap partikel umum yang ditemukan di udara, serbuk sari, tungau debu, atau bulu binatang. Hal ini juga dapat menyebabkan gatal di telinga, mata, maupun tenggorokan yang akan meliputi beberapa masalah:

  • Mata berair.
  • Pilek.
  • Sakit kepala.
  • Bersin.
  • Penyumbatan.

Seseorang mungkin akan mengalami telinga yang gatal di area hidung tersumbat, yang akan disebabkan oleh flu biasa.

Jika telinga kamu merasa kering dapat mengoleskan beberapa minyak zaitun maupun baby oil ke telinga, setets minyak mungkin akan membantu meredakan gatal akibat alat bantu dengar. Kamu dapat membersihkan luaran telinga dengan menggunakan kain, tapi jangan memasukkan sembarang barang pada saluran pendengaran. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading