Sukses

Health

3 Tips Membersihkan Telinga dengan Benar

Fimela.com, Jakarta Membersihkan telinga tidak boleh asal-asalan atau sembarangan nih sahabat fimela. Dikarenakan telinga adalah salah satu organ yang paling penting dan sensitif sehingga kamu perlu berhati-hati dalam membersihkannya. Namun, sayangnya masih banyak orang yang salah dalam membersihkan telinga. Masih banyak orang yang membersihkan dengan cotton buds, pengorek telinga, bahkan penjepit rambut. Padahal alat-alat tersebut tidak aman digunakan untuk membersihkan telinga. Lantas, bagaimana ya cara membersihkan telinga yang benar?

1. Menggunakan obat tetes telinga

Obat tetes telinga ini bisa membantu untuk mengeluarkan ear wax atau cairan kuning di dalam telinga kamu untuk keluar dengan sendirinya. Cara bekerjanya pun sangat cepat kamu cukup teteskan 2-3 tetes dalam telinga kamu. Lalu, diamkan beberapa saat hingga benar-benar masuk ke dalam saluran telinga sampai nantinya ear wax kamu bisa keluar dengan sendirinya tanpa harus menggunakan cotton buds.

2. Minyak zaitun atau baby oil

Penumpukan ear wax dalam kuping kamu bisa saja terjadi karena kondisinya yang terlalu kering. Kamu bisa melembabkan kuping kamu dengan menggunakan baby oil dan minyak zaitun. Caranya mudah sekali yaitu dengan teteskan 1-2 tetes minyak zaitun atau baby oil. Lalu, diamkan beberapa menit. Cara ini dipercaya sangat aman dan juga tidak membuat iritasi. Tetapi akan membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan dengan obat tetes telinga.

3. Lakukan pemeriksaan ke dokter THT

Terakhir, bila perlu kamu melakukan pemeriksaan ke dokter THT (Telinga, Hidung, dan Tenggorokan). Cara ini sebenarnya merupakan salah satu solusi terbaik dalam membersihkan telinga. Apalagi jika kamu tidak sengaja melukai telingan kamu. Kamu harus segera periksakan ke dokter THT dan lakukanlah secara rutin minimal sebulan sekali untuk menjaga kesehatan dan kebersihan telinga kamu.

Cara-cara diatas bisa kamu lakukan untuk membersihkan telingan nih sahabat fimela. Jangan sampai menggunakan cara yang salah yaa!

Ditulis: Adjeng Dwi Fitriani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading