Sukses

Health

5 Rekomendasi Obat Alami untuk Mengatasi Batuk pada Ibu Hamil

Fimela.com, Jakarta Batuk merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi pada semua orang. Ini bisa sembuh denga istirahat cukup atau konsumsi obat-obatan tertentu. Meski begitu, batuk yang terjadi pada ibu hamil nampaknya perlu penanganan khusus. Hal ini mengingat jika ibu hamil tak boleh konsumsi sembarang obat selama kehamilannya. 

Meskipun ada obat-obatan yang cukup membantu, ibu hamil disarankan untuk mencari alternatif obat alami untuk mengatasi batuk. Hal ini agar tidak terlalu berisiko pada janin pun kesehatannya pribadi. Ibu hamil juga sangat perlu melakukan konsultasi khusus dengan dokter atau bidan ahlinya saat ia mengalami batuk. 

Mengutip dari laman healthline.com, ada beberapa rekomendasi obat alami yang aman untuk ibu hamil. Ini tak memiliki risiko tinggi bagi janin di dalam kandungan. Apa saja obatnya? Yuk, simak yang berikut.  

Madu

Madu adalah bahan alami yang memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi. Ini bisa membantu meredakan batuk dan sakit tenggorokan. Konsumsilah satu hingga dua sendok teh madu murni secara perlahan atau tambahkan ke segelas air hangat untuk mengatasi batuk. Selain meredakan batuk, madu juga bermanfaat meningkatkan stamina tubuh.

Jahe

Jahe memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba yang dapat membantu meredakan batuk. Kamu bisa menambahkan irisan jahe ke air panas atau teh herbal untuk minum. Jahe juga dikenal sebagai bahan alami yang ampuh menstabilkan kolesterol dalam darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Teh Herbal

Teh herbal seperti teh peppermint atau chamomile juga bisa membantu meredakan batuk dan memberikan rasa nyaman. Konsumsi teh di saat keadaan hangat, akan membantumu dapatkan manfaat yang luar biasa darinya. 

Garam

Gunakan garam untuk meredakan batuk selama kehamilan. Berkumurlah dengan air garam hangat untuk meredakan sakit tenggorokan dan batuk ringan. Ini bisa membantu meredakan perasaan tidak nyaman. Selain itu, ini juga memungkinkanmu dapatkan kesehatan tubuh yang lebih optimal.

Minum Air Cukup

Pastikan tubuh terhidrasi dengan baik selama batuk atau mengalami masalah kesehatan apapun. Minum air cukup bisa membantu meningkatkan stamina. Saat stamina tubuh meningkat, beragam masalah kesehatan termasuk batuk akan teratasi dengan baik secara perlahan. 

Selalu berkonsultasi dengan dokter atau bidan sebelum menggunakan obat-obatan atau bahan alami selama kehamilan. Mengingat kondisi setiap ibu hamil berbeda, dokter atau bidan bisa memberikan saran yang sesuai dengan keadaan kesehatanmu. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading