Sukses

Health

5 Manfaat Konsumsi Teh Susu Jahe Merah dan Cara Membuatnya

Fimela.com, Jakarta Jahe sudah menjadi bahan populer untuk minuman hangat yang berkhasiat dalam menyembuhkan segala penyakit. Bahan herbal satu ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat. Tentu saja senyawa di dalam jahe kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Jahe memiliki jenis yang berbeda-beda dan hanya terdapat sedikit perbedaan. Termasuk salah satunya yaitu jahe merah. Tidak kalah berkhasiat dengan jenis jahe pada umumnya, jahe merah juga dapat digunakan sebagai bahan untuk minuman sehat yang menenagkan. Seperti dengan mengolahnya menjadi teh susu jahe merah

Manfaat Konsumsi Jahe Merah untuk Kesehatan

Mengutip dari berbagai sumber, mengonsumsi minuman berbahan dasar jahe merah memiliki banyak manfaat, diantaranya sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan

Senyawa yang ada di dalam jahe diketahui dapat membantu untuk meredakan sakit perut dan melancarkan pencernaan. Selain itu, konsumsi jahe merah ini juga dapat mengurangi rasa sakit sebelum periode menstruasi.

2. Melawan Penyakit Flu, Pilek, dan Infeksi

Jahe merah memiliki kandungan zat yang dapat membantu dalam melawan infeksi dan mengurangi bakteri jahat. Zat antioksidan dalam jahe juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak rentan terkena penyakit. 

3. Mengurangi Kolesterol Jahat

Jahe merah dapat membantu dalam menurunkan kolesterol jahat dan mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan. Meminum jahe merah dengan dicampur susu akan menjadi pilihan minuman yang bagus untuk menurunkan kadar kolesterol LDL. 

4. Mengurangi Stres

Efek yang menghangatkan dengan aroma yang menenangkan dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks. Rebusan jahe merah sangat cocok apabila kamu ingin menenangkan pikiran, terutama ketika sedang memiliki banyak tekanan. Menghirup dan meminum jahe dapat membuat pikiran menjadi lebih jernih dan positif. 

5. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan di dalam jahe merah dapat menurunkan risiko terkena kanker. Konsumsi jahe merah dalam rentang waktu yang lama dapat membantu untuk terhindar dari penyakit ini. 

Resep Teh Susu Jahe Merah

Bahan:

  • 1 ruas jahe merah, iris sesuai selera
  • 50 ml air
  • 1 kantung teh celup
  • 1 sdm susu cair

Cara Membuat:

  1. Rebus air, kemudian masukkan irisan jahe ke dalam air. Tunggu hingga mendidih. Matikan api. Saring campuran air dan jahe. 
  2. Masukkan teh celup ke dalam air rebusan.
  3. Tambahkan susu cair ke dalam gelas. Sesuaikan takaran susu sesuai dengan yang diinginkan. Masukkan air campuran teh dan jahe ke dalam gelas. Aduk agar dapat menyatu dengan susu secara merata. 
  4. Sajikan selagi masih hangat. 

 

Resep di atas dapat disesuaikan dengan porsi yang dibuat. Selamat mencoba minuman jahe merah dan selamat menikmati kehangatannya!

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading