Sukses

Health

9 Rutinitas Harian yang Ternyata Manjur Turunkan Berat Badan

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tak ingin memiliki berat badan ideal dan penampilan mengesankan? Bisa dipastikan bahwa semua orang ingin memiliki hal itu. Namun sayang, semakin bertambahnya usia seseorang, ada banyak hal yang bisa meningkatkan berat badannya secara drastis. Ya, meskipun ia telah berusaha menjaga berat badannya dengan sebaik mungkin dan bahkan melakukan diet ketat setiap harinya. 

Menjaga berat badan yang sehat, bukan hanya tentang diet ketat atau olahraga intensif. Ttetapi ini juga melibatkan perubahan rutinitas harian. Dengan menggabungkan kebiasaan sehari-hari yang sehat, tentunya kamu bisa menurunkan berat badan secara cepat, tepat dan sehat. Lewat beberapa rutinitas harian yang cukup sederhana, kamu ternyata bisa mempertahankan berat badan di angka yang ideal. Berikut adalah beberapa rutinitas harian yang manjur menurunkan berat badan dikutip dari laman mayoclinic.com.

Bangun Pagi, Lanjutkan dengan Minum Air Lemon Hangat

Memulai hari dengan minum segelas air lemon hangat bisa membantu meningkatkan metabolisme dan mengatasi dehidrasi setelah tidur. Lemon juga mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit dan pencernaan. Pastikan untuk minum air lemon sesaat setelah bangun pagi. 

Sarapan Sehat

Jangan pernah lupakan sarapan jika kamu ingin dapatkan berat badan ideal. Sarapan menjadi rutinitas yang penting untuk memberikan energi pada tubuh. Pemilihan menu sarapan yang tepat juga harus dilakukan. Sebaiknya pilih menu sarapan yang kaya serat, protein, dan rendah lemak, seperti oatmeal dengan buah-buahan atau telur rebus untuk dapatkan kesehatan yang mengesankan.

Makan Siang Seimbang

Rutinitas yang manjur bantu turunkan berat badan selanjutnya adalah makan siang dengan menu seimbang. Pastikan kamu makan siang dengan makanan kaya protein, vitamin dan karbohidrat. Hindari makan siang dengan makanan cepat saji atau makanan yang mengandung banyak lemak, gula serta garam. Sayur, buah dan ikan bisa jadi pilihan makanan terbaik untuk siang hari. 

Camilan Sehat

Sertakan camilan sehat seperti buah-buahan, yoghurt rendah lemak, atau kacang-kacangan di antara waktu makan utama. Disadari atau tidak, rutinitas ini bisa membantu menjaga kadar gula dalam tubuh dengan baik. Ini juga menjagamu dari keinginan ngemil makanan yang terlalu tinggi garam, gula serta lemak penyebab naiknya berat badan.

Olahraga Teratur

Jadwalkan waktu untuk olahraga setiap harinya ya. Sesibuk apapun aktivitasmu, jangan pernah lupakan olahraga. Olahraga ringan seperti berjalan kaki, berlari, atau latihan kekuatan bisa bantu menurunkan berat badan secara cepat. Olahraga dan aktivitas fisik akan membantu membakar kalori, meningkatkan metabolisme pun meningkatkan mood.

Minum Air Cukup

Pastikan untuk tetap terhidrasi sepanjang hari. Kadang-kadang rasa lapar bisa disalahartikan sebagai kehausan. Minum air sebelum makan akan membantumu merasa kenyang lebih cepat. Minum air juga bisa jaga fokusmu dan semangatmu dalam menjalani hari-hari.

Tidur Cukup

Jangan pernah melupakan untuk memiliki waktu tidur cukuo. Kurang tidur bisa memengaruhi hormon yang mengatur nafsu makan. Pastikan untuk tidur setidaknya selama 7 - 9 jam setiap harinya. Selain membantu menurunkan berat badan, ini juga bantu jaga berat badan tetap di angka ideal.

Batasi Asupan Gula dan Garam

Hindari makanan yang mengandung banyak gula dan garam tambahan di dalamnya. Makanan dengan kandungan gula serta garam berlebih adalah penyebab kenaikan berat badan secara drastis. Jika ingin mengonsumsi makanan manis, pilih buah-buahan tertentu dan sayuran. 

Berpikir Positif

Proses penurunan berat badan memerlukan waktu dan kesabaran. Berfokus pada perubahan gaya hidup yang sehat dan buatlah tujuan yang realistis. Selalu berpikir positif setiap harinya. Pikiran positif bantu jaga hormin dalam tubuh tetap stabil dan berat badan pun terjaga dengan baik. 

Nah, itulah sekian rutinitas harian yang dipercaya cukup manjur untuk menurunkan berat badan. Mengenai penurunan berat badan tak hanya tentang agar penampilan makin mengesankan. Tapi itu juga lebih ke kesadaran setiap individu untuk memiliki tubuh yang lebih sehat, terawat dan awet muda meski usia semakin bertambah setiap harinya. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading