Sukses

Health

6 Alasan Seseorang Mudah Mengantuk dan Malas Berlebih

Fimela.com, Jakarta Merasa mengantuk dan malas adalah kondisi yang umum dialami banyak orang. Meski begitu, perasaan ini bisa terjadi dengan kondisi yang biasa saja atau bisa juga terjadi secara berlebihan. Beberapa orang mungkin akan merasa mengantuk dan malas tanpa sebab yang jelas. Meski sudah istirahat cukup, ia tetap rentan merasa mengantuk di sepanjang waktu dan merasa malas. 

Mengutip dari laman healthline.com, perasaan mengantuk dan malas yang muncul dalam diri seseorang bisa disebabkan oleh beberapa alasan. Adapun alasan yang paling sering terjadi antaranya sebagai berikut.

Kurang Tidur atau Kualitas Tidur yang Buruk

Alasan utama dari perasaan mengantuk dan malas berlebih adalah kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk. Gangguan tidur, begadang, atau kurangnya waktu tidur yang cukup secara konsisten bisa menyebabkan rasa kantuk berlebih di siang pun malam hari.

Polusi Cahaya Biru dari Gadget

Paparan cahaya biru dari layar gadget seperti ponsel atau komputer bisa mengganggu ritme alami tidur. Hal ini bisa  mengakibatkan gangguan tidur, membuat seseorang merasa mengantuk dan malas. Paparan cahaya biru berlebih dari gadget bahkan rentan meningkatkan risiko mata lelah, kurang fokus dan perasaan tidak bahagia. 

Kurangnya Aktivitas Fisik atau Gaya Hidup yang Kurang Aktif

Sudahkah kamu memiliki aktivitas fisik cukup selama ini? Jika kamu masih sering merasa mengantuk dan malas sementara kamu tak punya gerak fisik cukup, hal ini bisa jadi alasan utamanya Sahabat Fimela. Studi menemukan jika kurangnya aktivitas fisik bisa menyebabkan kurangnya energi pada tubuh. Seseorang yang memiliki gaya hidup kurang aktif atau jarang bergerak, cenderung merasa lebih mudah lelah, tidak bertenaga dan mudah mengantuk.

Kekurangan Nutrisi dan Dehidrasi

Kekurangan asupan nutrisi atau dehidrasi adalah penyebab mengantuk dan malas selanjutnya. Kurangnya asupan air atau konsumsi makanan yang tidak seimbang, bisa memengaruhi energi tubuh secara keseluruhan. Ini bahkan bisa menurunkan fokus dan perasaan semangat dalam diri.

Stres dan Beban Mental yang Berat

Stres yang berlebihan atau beban mental yang terlalu berat juga bisa mengakibatkan kelelahan fisik pun mental. Akibatnya, tubuh mudah mengantuk dan merasa malas berlebihan. Ini bahkan rentan bikin seseorang merasakan sakit yang tak bisa dijelaskan apa penyebab dan kondisi yang membuat rasa sakit itu terjadi. 

Gangguan Kesehatan

Beberapa kondisi kesehatan seperti sleep apnea, sindrom kelelahan kronis, atau gangguan kesehatan mental tertentu dipercaya sebagai salah satu penyebab mengantuk dan rasa lelah berlebih. Adanya gangguan kesehatan membuat seseorang rentan terganggu kondisi fisik pun psikisnya secara menyeluruh. 

Penting untuk memperhatikan pola tidur, gaya hidup sehat, dan kesehatan secara keseluruhan untuk mengatasi rasa mengantuk dan malas berlebih. Jika kelelahan atau mengantuk terasa terus-menerus tanpa sebab yang jelas, jangan segan untuk mengonsultasikan hal ini dengan profesional medis atau ahlinya. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading