Sukses

Lifestyle

7 Penyebab Ngantuk di Pagi Hari, Bisa Jadi Pertanda Sakit

Fimela.com, Jakarta Rasa ngantuk sering kali datang di malam hari, setelah seharian melakukan aktivitas yang padat. Namun, jika kamu sering merasa ngantuk di pagi hari, bisa mengganggu aktivitas sehari-harimu.

Ngantuk dipagi hari bisa membuat hilang fokus dalam bekerja, tubuh merasa sangat lelah, suasana hati menjadi kacau, sering lupa, lambat merespon sesuatu dan tidak memiliki gairah untuk melakukan aktivitas. Ngantuk dipagi hari bisa jadi gejala penyakit kronis yang harus diwaspadai.

Mengantuk yang dialami manusia ini terjadi karena di dalam otak terdapat kelenjar pineal yang berfungsi untuk memproduksi hormon melatonin, sebagai hormon penyebab mengantuk. Berikut penyebab ngantuk dipagi hari, dilansir dari Merdeka.com:

Penyebab Ngantuk Dipagi Hari

1. Kebiasaan Begadang

Penyebab ngantuk dipagi hari yang pertama, yaitu karena terlalu sering begadang atau tidur larut malam. Kebiasaan begadang ini sebaiknya dihindari, karena bisa menyebabkan ngantuk dan kelelahan. Agar tidak ngantuk, sebaiknya tidur selama kurang lebih 9 jam perhari sebelum jam 10 malam.

2. Restless Legs Syndrome (RLS)

Restless Legs Syndrome (RLS) adalah sindrom yang dialami oleh kaki, yang menyebabkan kaki melakukan gerakan tersentak-sentak setiap 20 hingga 30 detik di malam hari. Sehingga seseorang yang mengalami RLS akan kesusahan tidur atau mengalami insomnia, dan akhirnya merasa ngantuk dipagi hari.

3. Terlalu Banyak Pikiran

Kalau kamu sedang mengalami stres atau terlalu banyak pikiran, maka kamu akan mengalami insomnia dan merasa ngantuk dipagi hari. Sebaiknya lakukan yoga atau relaksasi sebelum tidur, agar pikiran tenang dan bisa tidur dengan nyenyak.

4. Gangguan Hiponatremia

Ngantuk dipagi hari bisa disebabkan karena kamu memiliki gangguan hiponatremia. Kondisi ini terjadi saat kadar natrium di dalam darah sangat rendah, dan berpengaruh terhadap metabolisme. Sebaiknya konsultasikan kondisi ini kepada dokter, agar tidak merasa ngantuk dipagi hari.

Penyebab Ngantuk Dipagi Hari yang Selanjutnya

5. Memiliki Riwayat Diabetes

Ngantuk dipagi hari bisa jadi pertanda sakit diabetes. Karena seseorang yang memiliki riwayat diabetes, akan merasakan ngantuk terus menerus dan tubuh merasa sangat lelah. Hal ini disebabkan karena tingginya kadar gula di dalam tubuh.

 

6. Efek Samping Obat-Obatan

Ada beberapa obat-obatan yang memiliki efek samping menyebabkan ngantuk, seperti obat antihistamin, obat penenang, obat alergi dan obat tidur. Sebaiknya obat ini dikonsumsi dengan pengawasan dokter, karena obat-obat ini tidak boleh dikonsumsi sembarangan.

7. Sering Mengonsumsi Alkohol

Penyebab ngantuk dipagi hari yang terakhir adalah karena sering mengonsumsi alkohol. Alkohol bisa merusak sistem saraf, menyebabkan kelelahan, mengganggu konsentrasi, dan membuat sistem metabolisme tubuh melemah. Sebaiknya hindari mengonsumsi alkohol dan mulai pola hidup sehat.

Cara Menghilangkan Ngantuk Dipagi Hari

Jika kamu merasakan ngantuk dipagi hari, ambil waktu untuk melakukan teknik pernapasan hingga 10 kali, dengan cara meletakkan tangan kanan di bagian perut dan tangan kiri di tengah dada. Tarik napasmu dalam-dalam melalui hidung, lalu keluarkan dari mulut.

Selain itu, kamu bisa melakukan beberapa aktivitas untuk menghilangkan ngantuk dipagi hari, seperti stretching, olahraga ringan, jalan kaki, dan bersepeda. Perbanyak juga mengonsumsi air putih, agar sistem kekebalan tubuh lebih kuat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Jagalah pola tidurmu dengan berkualitas, kurangi aktivitas malam hari yang tidak penting, dengarkan lagu tidur jika kamu susah tidur, dan lakukan yoga sebelum tidur, agar tidak ngantuk dipagi hari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading