Sukses

Health

4 Obat Alami untuk Turunkan Asam Urat yang Wajib Dicoba di Rumah

Fimela.com, Jakarta Penyakit asam urat menyebabkan seseorang perlu untuk memilih makanan yang aman dikonsumsi dan tidak menyebabkan kadar asam urat menjadi semakin meningkat. Apabila kadar asam urat berada dalam kisaran yang tidak normal, maka asam urat bisa terakumulasi dalam persendian dan menyebabkan peradangan. Kondisi ini bisa menimbulkan rasa sakit dan nyeri sehingga perlu untuk diatasi dengan mengubah gaya hidup yang lebih sehat. 

Terdapat bahan-bahan yang bisa membantu dalam meringankan gejala asam urat. Bahan ini bisa dimanfaatkan menjadi minuman yang sehat. Dikutip dari Healthline dan Very Well Health, berikut bahan-bahannya:

1. Jahe

Jahe sudah menjadi bahan herbal yang bisa meredakan peradangan dan membantu mengobati segala penyakit. Meminum air rebusan jahe tidak hanya memberikan sensasi yang menghangatkan, tetapi juga mengurangi rasa sakit akibat penyakit asam urat. Diketahui dari Very Well Health, jahe juga memiliki senyawa anti-inflamasi dan antioksidan sehingga baik untuk dikonsumsi bagi pengidap asam urat. 

 

2. Air Hangat dengan Cuka Sari Apel, Jus Lemon, dan Kunyit

Cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit dapat menjadi kombinasi bahan yang berguna untuk meredakan asam urat. Cara pembuatannya pun cukup mudah, hanya dengan menggunakan 3 bahan tersebut. Campurkan jus dari setengah buah lemon yang telah diperas ke dalam air hangat. Tambahkan 2 sendok teh kunyit dan 1 sendok teh cuka sari apel. Takaran tersebut dapat disesuaikan dengan selera dan keinginan masing-masing. Kandungan anti-inflamasi pada kunyit tersebut dapat dipadukan dengan vitamin C dalam lemon untuk mengurangi gejala asam urat agar tidak semakin parah. 

3. Buah Ceri

Meminum jus ceri atau memakan ceri dapat mengatasi gejala asam urat dan mengurangi rasa sakit dari pernyakit tersebut. Hal ini disebabkan karena buah ceri memiliki vitamin C yang tinggi dan kandungan flavonoid. Jus ceri dapat mencegah kambuhnya asam urat karena mengandung antosianin. Antosianin ini memiliki sifat anti-inflamasi alami yang berguna bagi kesehatan tubuh. 

4. Seledri atau Biji Seledri

Seledri diketahui dapat mengurangi peradangan sehingga dapat dijadikan obat tradisional. Konsumsi seledri beberapa kali sehari, terutama batang seledri, meminum jus seledri, atau dengan mencoba ekstrak jus seledri bisa menjaga kesehatan tubuh secara alami. Biji sayuran ini diketahui dapat memberi perlindungan dari peradangan yang disebabkan oleh asam urat. Namun, penelitian lebih lanjut pun diperlukan untuk mengetahui khasiatnya secara lebih mendalam. 

Demikian bahan yang bisa kamu gunakan untuk turunkan asam urat dan meredakan gejala nyeri yang sering terjadi. Perhatikan setiap kandungan makanan yang dikonsumsi dan minum minuman sehat untuk cegah peradangan. Semoga informasi ini bermanfaat. 

 

Penulis: Syifa Azzahra 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading