Sukses

Health

Penyebab Haid Datang Lebih Cepat, Berkaitan dengan Berat Badan

Fimela.com, Jakarta Haid dialami setiap wanita secara rutin setiap sebulan sekali. Terjadinya haid terkadang diiringi dengan berbagai gejala seperti nyeri haid, kram di bagian perut serta moodswing atau kondisi mood yang berubah secara drastis.

Haid atau disebut juga dengan menstruasi berlangsung selama tiga sampai tujuh hari. Siklus haid sendiri terjadi setiap 21-35 hari dari haid sebelumnya. Namun bisa juga haid terjadi melebihi atau kurang dari siklus tersebut.

Haid yang terjadi sesuai dengan siklus merupakan siklus haid yang normal. Haid bisa datang terlambat atau datang lebih awal. Sebenarnya kondisi ini adalah kondisi yang cukup wajar. Namun ada beberapa hal yang menyebabkan haid datang lebih awal.

Berikut berbagai hal yang bisa menyebabkan haid datang lebih awal daripada biasanya.

Penyebab Haid Datang Lebih Awal

1. Pubertas

Pubertas biasanya akan dimulai antara usia 8 hingga 13 tahun, ini didorong oleh bahan kimia dalam tubuh yang disebut hormon reproduksi. Hormon-hormon ini biasanya akan mempengaruhi siklus menstruasi selama masa subur, dalam beberapa tahun pertama kemungkinan kamu akan mendapatan menstruasi dan mengalami hormon yang tidak teratur.

2. Perimenopause

Perimenopause adalah sebuah masa transisi menuju menopause dan biasanya akan dimulai pada pertengahan hingga akhir empat puluhan dan berlangsung sekitar empat tahun. Tingkat hormon inilah yang akan berfluktuasi liar selama waktu tersebut dan mungkin kamu tidak akan berovulasi setiap bulan.

Hal ini juga akan membuat kamu mengalami menstruasi yang tidak teratur dan biasanya akan mengalami menstruasi yang lebih cepat atau lambat dari biasanya. 

3. Olahraga Intens

Olahraga yang intens ternyata dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur atau bahkan  berhenti sama sekali. Seringkali kondisi satu ini berkaitan dengan seorang atlet yang selalu berlatih dalam waktu yang terlalu lama.

Penyebab Lainnya

4. Perubahan Berat Badan

Menstruasi yang datang lebih awal, tidak teratur, atau terlewat biasanya terjadi karena perubahan berat badan terjadi dalam waktu yang cepat. Bisa berat badan yang naik secara signifikan atau turun drastis. Hal ini biasanya terjadi pada seseorang yang menjalani diet yang sangat ekstrem atau memiliki gangguan makanan.

5. Stres

Stres yang parah ternyata dapat menganggu kadar hormon yang kita miliki dan membuat menstruasi menjadi tidak teratur. Jika kamu mengalami kecemasan atau hal traumatis, maka akan membuat hormon menjadi rusak.

Tak hanya merusak hormon dan membuat menstruasi jadi tak teratur, stres juga bisa membuat berat badan naik secara signifikan atau turun drastis, susah tidur hingga susah berkonsentrasi atau susah fokus.

6. Perubahan Rutinitas

Perubahan dalam rutinitas normal ternyata dapat mempengaruhi hormon dan menyebabkan menstruasi datang lebih awal atau bahkan lambat dari biasanya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki jam kerja yang berbeda dari biasanya atau memiliki shift malam dipekerjaannya maka akan membuat ia merasakan perubahan pada ritme sirkandian. Hal inilah yang dapat mengganggu hormon tidur melatonin.

Itulah 6 penyebab haid datang lebih cepat yang kamu alami. Jika kamu tak kunjung mengalami menstruasi, sebaiknya segera periksakan ke dokter agar kondisi yang kamu alami bisa segera diatasi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading