Sukses

Health

3 Kebiasaan Sederhana dari Hidup Sehat Ala Orang Jepang yang dapat Diikuti

Fimela.com, Jakarta Hidup sehat adalah salah satu keinginan dari semua orang dari segala usia dan latar belakang. Namun, untuk menjaga tubuh agar tetap sehat bisa dikatakan bukan lah hal yang mudah untuk dilakukan. Beberapa alasan diantaranya adalah karena banyak sekali makanan yang enak, tetapi tidak sehat dan tuntutan kesibukan akibat pekerjaan. Salah satu solusi untuk menjaga kesehatan adalah dengan cara menjalani gaya hidup ala Jepang.

Jepang adalah salah satu negara yang terkenal karena pola hidup yang mereka jalani. Dimana jika dilihat orang-orang Jepang memiliki angka obesitas yang rendah. Dilansir oleh World Health Organization, mengungkapkan bahwa Tingkat obesitas di Jepang pada tahun 2022 adalah 3,6%. Di mana angka ini bisa dikatakan jauh lebih rendah dari tingkat obesitas global yang sekarang ini mencapai 38,2%. 

Intinya hal yang paling penting untuk menjaga kesehatan adalah pola hidup yang seimbang antara aktivitas, kesibukan, dan makanan yang dikonsumsi. Sebenarnya untuk hidup sehat seperti orang Jepang bukanlah hal yang susah untuk dilakukan. Maka dari itu berikut adalah Tiga kebiasaan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mencapai hidup sehat ala orang Jepang menurut Newtraderu.com.

Rutin Berolahraga

Rajio Taiso, atau senam radio, adalah rutinitas olahraga pagi yang unik di Jepang. Senam ini disiarkan di radio setiap pagi, dan masyarakat di seluruh tanah air, mulai dari anak sekolah hingga karyawan perusahaan, berpartisipasi dalam kegiatan fitnes berskala komunitas ini.

Rajio Taiso terdiri dari peregangan dan gerakan yang diiringi musik. Rutinitas ini berdurasi sekitar 3 menit dan dapat dilakukan di halaman sekolah, taman, dan ruang kantor sebelum pekerjaan dimulai.

Latihan Rajio Taiso yang teratur memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk:

  • Meningkatkan kebugaran kardiovaskularMeningkatkan kekuatan dan fleksibilitas
  • Mengurangi stres
  • Meningkatkan mood
  • Meningkatkan kualitas tidur

 

Rajio Taiso juga merupakan cara yang bagus untuk memulai hari Anda dengan energi positif. Senam ini dapat membantu Anda merasa lebih segar dan siap menghadapi tantangan hari itu.

 

 

Minum Matcha

Matcha adalah bubuk halus dari teh hijau yang ditanam dan diproses secara khusus. Secara tradisional, matcha telah menjadi bagian penting dari budaya Jepang. Matcha dinikmati dalam upacara minum teh tradisional Jepang, atau "chanoyu", yang berpusat pada persiapan dan persembahan matcha.

Matcha kaya akan nutrisi, termasuk mineral, serat makanan, dan antioksidan kuat seperti katekin. Katekin adalah senyawa yang telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk:

  • Menurunkan risiko penyakit jantung
  • Meningkatkan fungsi otak
  • Mengurangi peradangan
  • Melindungi kulit dari kerusakan

Matcha juga merupakan sumber vitamin K, yang penting untuk kesehatan tulang.

Meskipun kurang umum di kalangan penduduk perkotaan modern, minum matcha tetap menjadi hal yang umum di lingkungan yang lebih tradisional dan di kalangan populasi lanjut usia. Matcha adalah minuman yang memadukan tradisi dengan manfaat kesehatan.

 

 

Makanan Bernutrisi

Pola makan orang Jepang, yang ditandai dengan nutrisi seimbang, telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko obesitas, penyakit jantung, dan kanker. Makanan tradisional Jepang, seperti sarapan sederhana berupa nasi kukus, sup miso, ikan bakar, dan acar sayuran, menawarkan perpaduan harmonis antara karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. 

Nasi kukus adalah sumber karbohidrat kompleks yang memberikan energi tahan lama. Sup miso adalah sumber protein dan probiotik, yang penting untuk kesehatan pencernaan. Ikan bakar adalah sumber protein berkualitas tinggi dan asam lemak omega-3, yang baik untuk jantung. Acar sayuran adalah sumber vitamin dan mineral, serta serat yang dapat membantu menurunkan kolesterol.

Makanan fermentasi, seperti natto dan acar sayuran, juga merupakan bagian penting dari pola makan orang Jepang. Makanan fermentasi mengandung bakteri baik yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Rendahnya tingkat obesitas dan tingginya angka harapan hidup di Jepang sebagian besar disebabkan oleh budaya makanan mereka yang kaya akan nutrisi.

 

 

 

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading