Sukses

Health

Ketahui Manfaat Bumbu Dapur Laos yang Manjur untuk Atasi Asma

Fimela.com, Jakarta Laos atau yang lebih dikenal dengan lengkuas merupakan bumbu dapur yang sering digunakan sebagai bumbu masakan. Selain digunakan sebagai bumbu untuk memasak, laos atau lengkuas ini memiliki berbagai kandungan nutrisi yang berguna untuk kesehatan tubuh. Tanaman yang mirip jahe atau kunyit ini sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai macam keluhan kesehatan.

Banyak orang yang percaya bahwa lengkuas sangat ampuh untuk mengatasi penyakit pernapasan seperti asma, batuk, dan sakit tenggorokan. Apabila sedang merasa sesak napas dan batuk terus menerus, mengonsumsi lengkuas dipercaya dapat meredakannya seketika. Selain itu, lengkuas mengandung anti-inflamasi dan antioksidan yang bisa mengurangi risiko peradangan tertentu.

Kandungan yang terdapat dalam lengkuas sangat lah banyak, termasuk kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Tanaman ini juga kaya akan kandungan sodium, zat besi, vitamin A, vitamin C, flavonoid, fitonutrien, emodin, beta-sitosterol, polifenol, guercetin, dan galangin.

Khasiat laos untuk kesehatan

Banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat dalam laos, membuatnya memiliki sejumlah manfaat atau khasiat kesehatan. Salah satu manfaatnya yaitu laos dipercaya manjur untuk meringankan gejala asma. Asma sendiri merupakan masalah paru-paru yang membuat pengidapnya kesulitan bernapas akibat peradangan dan penyempitan saluran pernapasan.

Tidak hanya kesulitan bernapas, asma juga menyebabkan gejala lain seperti batuk-batuk, nyeri dada, mengi, dan sebagainya. Saluran pernapasan penderita asma menjadi lebih sensitif dibandingkan orang sehat. Ketika paru-paru iritasi akibat asap rokok, debu, dan zat pemicu lainnya, maka otot saluran pernapasan penderita asma menjadi kaku dan menyempit.

Laos untuk mengobati asma

Laos memiliki kandungan zat anti-inflamasi dan efek antispasmodic, di mana kedua zat tersebut berguna untuk membantu melebarkan saluran bronkus yang terdapat pada paru-paru. Tak hanya itu, laos mampu mengurangi dahak sehingga melegakan pernapasan ketika asma menyerang.

Bagi penderita asma atau pun orang yang sehat dapat mengonsumsi air laos atau lengkuas secara rutin di pagi atau sore hari. Caranya, potong lengkuas secukupnya kemudian seduh dengan air panas, untuk memberi rasa manis, bisa ditambah dengan madu atau gula aren sedikit. Mengonsumsi air lengkuas secara rutin ini dipercaya bisa mengurangi intensitas asma yang masih sering kambuh.

 

Penulis: Maritza Samira.

#BreakingBoundariesDesember

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading