Sukses

Health

5 Makanan yang Penting Dihindari Saat Hamil Demi Kesehatan Ibu dan Janin

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan menjadi momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan. Momen ini bisa membuat seseorang merasa sangat bahagia dan cemas di waktu yang sama. Ibu hamil disarankan untuk lebih hati-hati dalam menjaga kesehatannya. Karena ini tak hanya berdampak pada dirinya sendiri, tapi juga untuk janin di kandungannya. Salah satu cara menjaga kesehatan adalah dengan memiliki makanan terbaik dan menghindari beberapa makanan tertentu. 

Mengutip dari laman parents.com, selama kehamilan penting untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi karena beberapa jenis makanan bisa menurunkan kesehatan ibu maupun janin. Beberapa makanan bahwa bisa membawa risiko buruk bagi kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Berikut ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari selama masa kehamilan demi kesehatan ibu dan janin di kandungan.

Keju Mentah

Keju mentah atau yang diolah secara minim seperti brie, camembert, dan feta, dan keju biru, sebaiknya dihindari karena berisiko terkontaminasi bakteri Listeria. Bakteri ini dipercaya bisa menyebabkan masalah pada kehamilan. Konsumsi secara berlebihan bahkan bisa meningkatkan risiko yang tak diinginkan bagi ibu pun janin di kandungan.

Daging Mentah dan Olahannya

Daging mentah atau setengah matang seperti daging sushi, daging sapi mentah, atau daging olahan yang belum dimasak sepenuhnya berpotensi mengandung bakteri atau parasit yang bisa membahayakan kesehatan ibu hamil. Dikhawatirkan ini juga bisa menimbulkan keracunan pada janin yang efeknya tentunya sangat fatal.

Ikan Terkontaminasi Merkuri Tinggi

Hindari beberapa ikan yang terkontaminasi merkuri tinggi seperti hiu, king mackerel, tuna sirip kuning, dan espada. Aneka jenis ikan ini sangat berisiko bagi perkembangan sistem saraf janin. Ini juga rentan menyebabkan berbagai masalah kesehatan bagi ibu hamil.

Minuman Beralkohol

Pastikan untuk stop konsumsi minuman beralkohol selama kehamilan. Konsumsi alkohol selama kehamilan bisa berdampak buruk pada perkembangan janin. Ini juga berdampak buruk bagi pertumbuhan janin dan kesehatan Mom secara keseluruhan. 

Kafein dalam Jumlah Berlebihan

Meskipun jumlah kafein yang sedikit dianggap aman, konsumsi kafein dalam jumlah berlebihan bisa meningkatkan risiko kelahiran prematur atau berat badan lahir rendah. Jika sebelum hamil Mom adalah penghobi konsumsi kopi atau teh, usahakan saat hamil untuk membatasi asupan keduanya atau bahkan menghentikan sementara. 

Menghindari makanan tertentu selama kehamilan akan membantu menjaga kesehatan ibu hamil dan pertumbuhan janin. Konsultasikan dengan dokter atau profesional kesehatan untuk mendapatkan saran yang spesifik sesuai dengan kondisi Mom terutama saat hamil ya. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading