Sukses

Health

5 Manfaat Buncis yang Bisa Menurunkan Kolesterol dan Menyembuhkan Penyakit

Fimela.com, Jakarta Sayuran merupakan makanan yang kaya akan serat, vitamin, dan antioksida. Sayuran dipercaya dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Kolesterol jahat atau LDL dapat meningkat akibat pola makan yang tidak sehat, terutama konsumsi makanan tinggi lemak jenuh dan trans. Untuk itu, penting untuk mengonsumsi sayuran penurun kolesterol jahat yang ampuh dan aman.

Buncis atau kacang panjang adalah salah satu jenis sayuran yang bisa menurunkan kolesterol. Karena buncis dianggap sebagai sumber makanan yang kaya akan manfaat bagi tubuh kita. Buncis juga bisa membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit kronis.

Walaupun memiliki banyak manfaat, namun jangan mengonsumsi buncis secara berlebihan. Konsultasikan dengan dokter, jika ingin mengonsumsi buncis secara aman. Berikut manfaat buncis untuk menurunkan kolesterol:

Manfaat Buncis

1. Menyembuhkan Diabetes dan Jantung

Kandungan serat dalam buncis sangat baik untuk pencernaan, yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan pada penderita penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buncis kaya akan antioksidan seperti vitamin C dan beta-karoten. Kandungan ini yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Menyeimbangkan Kolesterol

Kandungan mineral seperti kalium dalam buncis dapat membantu mengatur tekanan darah. Mineral yang sangat bermanfaat bagi penderita penyakit jantung. Bahkan bisa membantu menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh.

4. Mengurangi Risiko Kanker

Buncis juga mengandung senyawa fitokimia. Senyawa ini yang dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker. Sehingga dapat membantu penderita penyakit kanker dalam proses penyembuhan.

5. Menjaga Berat Badan

Berat badan yang berlebihan bisa menyebabkan kolesterol naik. Buncis rendah kalori namun tinggi nutrisi. Sehingga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat serta menurunkan kolesterol tinggi.

Resep Sayur Buncis Bebas Kolesterol

Bahan-bahan:

  • 500 gram buncis, potong-potong
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 buah bawang bombay, cincang
  • 2 buah tomat, potong dadu
  • 1 sdm minyak sayur
  • 1 gelas air
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Sejumput gula

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak sayur dalam wajan, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
  2. Masukkan buncis dan tomat, aduk rata.
  3. Tuangkan air, masak hingga buncis matang.
  4. Tambahkan garam, merica, dan gula secukupnya.
  5. Aduk rata dan masak sebentar hingga bumbu meresap.
  6. Angkat dan siap disajikan.

Selamat mencoba! Dengan menggunakan bahan-bahan tanpa kolesterol dan cara memasak yang sehat, sayur buncis ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk diet bebas kolesterol.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading