Sukses

Health

Penyebab Telat Haid yang Sering Bikin Panik

Fimela.com, Jakarta Telat datang bulan adalah sesuatu yang seringkali kita khawatirkan. Namun, ada banyak faktor yang dapat menyebabkan keterlambatan menstruasi selain kehamilan. Salah satu faktor utama adalah stres. Stres yang berlebihan dapat mengganggu siklus menstruasi dan menyebabkan keterlambatan datang bulan.

Faktor lainnya adalah perubahan berat badan yang drastis. Jika seseorang mengalami penurunan atau kenaikan berat badan yang signifikan, hal ini juga dapat mempengaruhi siklus menstruasi.

Telat haid sering dianggap sebagai pertanda kehamilan. Namun ada berbagai faktor yang menyebabkan telat haid. Berikut beberapa penyebab telat haid yang perlu diketahui.

Penyebab Telat Haid

1. Gaya hidup tidak sehat

Kurang tidur, kelebihan atau kekurangan berat badan, dan asupan nutrisi yang buruk akibat diet ekstrem, bisa mengganggu keseimbangan kadar hormon. Akibatnya, siklus menstruasi terganggu dan membuatmu telat datang bulan.

Selain itu, telat datang bulan juga terjadi karena stres dan perubahan hormon yang disebabkan oleh gangguan makan, seperti anoreksia atau bulimia.

2. Ketidakseimbangan hormon dalam tubuh

Telat datang bulan memiliki kaitan yang erat dengan ketidakseimbangan hormon. Hormon yang tidak seimbang bisa disebabkan oleh sindrom polikistik ovarium (PCOS), penyakit tiroid, serta menopause dini.

Selain itu, adanya tumor kelenjar pituitari di otak juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan kadar hormon dalam tubuh.

3. Penggunaan alat kontrasepsi

Selain kondisi dan penyakit di atas, ketidakseimbangan hormon juga dapat terjadi pada wanita yang menggunakan alat kontrasepsi hormonal. Contohnya adalah KB suntik, implan, maupun pil KB.

Pada beberapa wanita, butuh waktu selama beberapa hari hingga minggu agar menstruasi kembali normal setelah berhenti menggunakan alat kontrasepsi.

4. Konsumsi obat-obatan tertentu

Menggunakan jenis obat-obatan tertentu juga bisa membuatmu telat datang bulan, lho. Beberapa obat tersebut adalah obat kemoterapi untuk kanker, obat antidepresan, obat antipsikotik, obat alergi, serta obat pengendali tekanan darah.

5. Amenorrhea

Telat atau tidak datang bulan dalam waktu lama dikenal juga dengan amenorrhea. Amenorrhea terbagi menjadi menjadi dua, yaitu primer dan sekunder.

Amenorrhea primer adalah kondisi tidak menstruasi sama sekali setelah menginjak usia 15 tahun. Sementara amenorrhea sekunder terjadi pada wanita yang sudah pernah menstruasi sebelumnya, lalu tidak menstruasi selama 3 bulan atau lebih.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh beragam hal, mulai dari kelainan bawaan, hingga gangguan hormonal. Amenorrhea memerlukan pemeriksaan oleh dokter untuk memastikan penyebab yang mendasarinya. Dengan begitu, dokter akan memberikan penanganan yang dibutuhkan sesuai dengan penyebabnya.

Cara Mengatasi Telat Haid

Perawatan untuk menstruasi yang terlambat harus didasarkan pada penyebab yang mendasarinya. Dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh, termasuk pertanyaan tentang gaya hidup, penggunaan obat, dan riwayat medis. Mereka juga akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin melakukan tes kehamilan.

Selanjutnya, dokter akan melakukan pemeriksaan tambahan untuk menentukan penyebab keterlambatan haid. Pemeriksaan ini dapat meliputi tes darah untuk menilai kadar hormon dan tes pencitraan seperti USG, CT scan, atau MRI.

Sebagai pendekatan awal untuk mengatasi menstruasi yang terlambat, dokter biasanya menyarankan perbaikan gaya hidup. Dalam kasus tertentu, dokter juga dapat meresepkan pil kontrasepsi atau terapi hormon lainnya untuk mengatasi menstruasi yang terlambat.

Menstruasi yang terlambat dapat disebabkan oleh penyakit tiroid, yang memerlukan penanganan khusus untuk mengatasi gangguan tersebut. Dalam kasus di mana menstruasi yang terlambat disebabkan oleh tumor, operasi pengangkatan tumor mungkin diperlukan.

Jika kamu sering mengalami telat menstruasi, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengidentifikasi penyebab yang mendasari dan memulai pengobatan sedini mungkin.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading