Sukses

Health

5 Alasan Umum Ibu Hamil Sering Merasa Lelah dan Hilang Semangat

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan menjadi momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan. Di momen ini, ibu hamil tak hanya merasakan bahagiaan dan kebanggaan yang luar biasa besarnya. Tapi juga bisa merasakan kesedihan, kecemasan dan kekhawatiran berlebih. Beberapa ibu hamil bahkan rentan merasa kelelahan dan hilang semangat meski aktivitasnya berjalan seperti hari-hari biasanya. 

Perlu diketahui, momen kehamilan adalah perjalanan yang mengagumkan. Tetapi, ini juga seringkali membuat ibu hamil merasa lelah berlebihan. Ada banyak alasan kenapa ibu hamil rentan kelelahan. Mengutip dari laman parents.com, inilah beberapa alasan umum kenapa ibu hamil mudah lelah bahkan hilang semangat dalam dirinya. 

Perubahan Hormonal

Selama kehamilan, tubuh mengalami perubahan hormonal yang signifikan. Peningkatan hormon seperti progesteron dan estrogen bisa menyebabkan kelelahan yang lebih intens. Ini juga rentan menyebabkan perubahan suasana hati. Jangan heran jika dalam menghadapi ibu hamil, terkadang kita ikut merasa lelah bahkan emosi.

Peningkatan Beban Kerja pada Tubuh

Kehamilan akan membawa beban tambahan pada tubuh Mom. Pertumbuhan janin, peningkatan volume darah, dan beban pada organ-organ tubuh bisa menyebabkan kelelahan fisik yang signifikan. Saat hamil berat badan akan terus bertambah. Ini juga sangat rentan bikin tubuh lebih cepat merasa mudah lelah dan bawaannya malas buat bergerak.

Gangguan Tidur dan Ketidaknyamanan Fisik

Perubahan postur tubuh, nyeri punggung, kesulitan tidur karena perubahan hormonal, serta seringnya ingin buang air kecil bisa mengganggu kualitas tidur ibu hamil. Hal ini kemudian bisa menyebabkan kelelahan dan kurangnya semangat sepanjang hari. Gangguan tidur yang berlebihan bahkan rentan menyebabkan ibu hamil merasa mudah marah, emosi dan hilang kendali.

Stres dan Kecemasan Terkait Kehamilan

Stres dan kecemasan terkait kehamilan, termasuk kekhawatiran terhadap kesehatan janin, persiapan persalinan, atau perubahan yang akan terjadi setelah kelahiran, bisa menjadi faktor yang menyebabkan kelelahan mental. Saat ibu hamil merasa sangat lelah dari sisi mental, otomatis ini akan berpengaruh pada kelelahan fisiknya. Stres ini juga rentan membuat ibu hamil merasa mudah bosan bahkan hilang semangat.

Kebutuhan Nutrisi yang Meningkat

Ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang lebih tinggi dari biasanya. Hal ini untuk mendukung pertumbuhan janin di kandungannya. Jika nutrisi tidak tercukupi dengan baik, kelelahan bisa terjadi karena tubuh bekerja lebih keras. Jadi, sangat penting untuk mencukupi nutrisi tubuh selama momen kehamilan baik di trimester pertama, kedua bahkan ketiga. 

Konsultasi dengan dokter spesialis kandungan adalah langkah penting untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kesejahteraan ibu hamil. Konsultasi ini tak hanya membantu mengoptimalkan kesehatan fisik ibu hamil, tetapi juga kesehatan mentalnya. Tetap jalani momen kehamilan dengan tenang dan penuh kebahagiaan, agar risiko kelelahan bahkan hilangnya semangat bisa ditekan secara maksimal. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading