Sukses

Health

Manfaat Daun Bayam Merah untuk Kesehatan, Contohnya Efektif Menangkal Gula Darah dan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Bayam merah mungkin tidak sepopuler bayam hijau, tetapi memiliki kandungan nutrisi yang kaya dan memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan, termasuk dalam efektivitas menangkal gula darah dan kolesterol.

Bayam merah dapat dengan mudah ditemukan dan diolah. Daun sayuran ini umumnya berbentuk bundar dan memiliki ketebalan yang cukup. Selain itu, bayam merah juga memiliki batang tengah yang berwarna merah cerah. Kandungan cairan merah dapat ditemukan baik di daun maupun batang bayam merah. Ciri ini memberikan rasa manis pada bayam merah dan teksturnya terasa sangat halus.

Yuk simak informasi selengkapnya mengenai manfaat daun bayam merah yang bermanfaat untuk menangkal gula darah dan kolesterol, dikutip dari berbagai sumber pada Rabu (03/01/2024).

Kandungan Daun Bayam Merah

Dilansir dari Liputan6.com, Bayam merah mengandung antosianin yang tinggi. Antosianin, sebuah flavonoid, merupakan senyawa antioksidan yang secara alami terdapat dalam buah dan sayuran, memberikan warna merah, ungu, dan biru.

Manfaat Daun Bayam Merah untuk Kesehatan

Meskipun bukan satu-satunya faktor yang memengaruhi kesehatan gula darah dan kolesterol, konsumsi bayam merah dapat menjadi bagian dari gaya hidup sehat untuk mendukung pengelolaan kedua aspek tersebut. Meski demikian, bayam merah diyakini dapat berperan dalam penyembuhan penyakit-penyakit tertentu, seperti:

1. Mencegah Kanker

Bayam merah memiliki kandungan asam amino esensial, zat besi, magnesium, fosfor, Vitamin E, potasium, dan Vitamin C. Selain itu, sayuran ini juga kaya akan antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan pencegah kanker.

Nutrisi yang terdapat dalam bayam merah membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Konsumsi bayam merah secara rutin dapat membantu mencegah risiko kanker.

2. Menangkal Gula Darah

Studi yang dilaporkan di Tropical Journal of Pharmaceutical Research menyatakan bahwa bayam merah memiliki manfaat sebagai antidiabetes. Bayam merah juga mengandung tanin dan polifenol yang berfungsi menjaga tingkat trigliserida. 

Selain itu, bayam merah mengandung vitamin B3 yang dapat membantu mengatur tingkat insulin dalam darah. Oleh karena itu, mengkonsumsi bayam merah dapat membantu menangkal kadar gula darah.

3. Turunkan Kadar Kolesterol

Serat yang terkandung dalam bayam merah memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Tidak hanya itu, tocotrienol dalam vitamin E turut mengurangi tingkat kolesterol jahat, membantu tubuh menjaga keseimbangan kadar kolesterol.

Apa Perbedaan Bayam Hijau dan Bayam Merah?

Bayam hijau dan bayam merah memperlihatkan perbedaan warna daun karena adanya pigmen yang berbeda. Bayam hijau memiliki kadar klorofil dan beta-karoten yang lebih tinggi daripada bayam merah. Di sisi lain, bayam merah mengandung konsentrasi pigmen betasianin dan antosianin yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan bayam hijau.

Apa Manfaat Bayam Merah untuk Anak?

Bayam merah mengandung kalsium yang cukup tinggi untuk pertumbuhan anak dan bayi. Dengan kandungan kalsium tersebut, manfaat bayam merah untuk bayi dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu, bayam juga bisa membantu membuat struktur tulang menjadi lebih padat dan kuat.

Apakah Bayam Merah Bisa Menaikkan Trombosit?

Bayam kaya akan vitamin K yang memang dibutuhkan oleh tubuh untuk menaikkan trombosit.

Apa Ciri-Ciri Bayam Merah?

Bayam merah memiliki batang dan daun berwarna merah. Tinggi batangnya berkisar 0.4-1 meter, bercabang, lemah, dan berair. Daunnya bertangkai, berbentuk bulat telur, dengan pangkal runcing yang juga berwarna merah.

Bayam Merah Termasuk Tanaman Apa?

Bayam merah, yang dikenal sebagai Amaranthus tricolor-varietas Blitum rubrum, merupakan jenis tanaman pangan yang sering digunakan sebagai sayuran dan terkenal sebagai salah satu sumber zat besi yang signifikan. Bayam merah dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis berdasarkan metode pemetikannya, yaitu bayam cabut dan bayam petik (Ronoprawiro, 1993).

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading