Sukses

Health

7 Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda yang Penting Diketahui

Fimela.com, Jakarta Rambut beruban adalah hal yang wajar dan umum dialami oleh semua orang. Terutama hal ini dialami oleh orang-orang yang telah berusia paruh baya. Namun kini, fenomena yang ada justru sebaliknya Sahabat Fimela. Anak-anak muda di usia yang masih sangat belia, juga rentan mengalami beruban beruban. 

Ketika seseorang mengalami uban pada usia yang masih sangat muda, ini bisa menjadi kejutan sekaligus mengundang pertanyaan tentang penyebabnya. Ini juga menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi siapapun yang mengalami. Kiranya, apakah yang menjadi penyebab rambut rentan beruban di usia muda? Ada beberapa penyebab yang dikaitkan erat dengan hal ini. Adapun penyebab tersebut antaranya sebagai berikut. 

Faktor Genetik atau Keturunan

Keturunan dipercaya memainkan peran besar dalam munculnya uban pada usia muda. Jika anggota keluarga memiliki riwayat rambut beruban pada usia muda, kemungkinan seseorang juga mengalami hal serupa cukup besar. Orang-orang dengan orangtua yang dulunya memiliki rambut di usia muda, ini juga bisa terjadi padanya di usia yang masih sangat muda bahkan belia.

Kekurangan Melanin

Melanin adalah pigmen yang memberi warna pada rambut. Kekurangan produksi melanin atau perubahan dalam produksi melanin oleh folikel rambut, bisa menyebabkan rambut beruban dengan lebih cepat. Agar rambut beruban bisa ditekan semaksimal mungkin, tingkatkan produksi melanin dalam tubuh dengan konsumsi makanan yang kaya vitamin A, C dan E seperti sayuran, buah-buahan serta kacang-kacangan. 

Stres

Stres yang berat, baik fisik maupun emosional, bisa memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan termasuk rambut. Kondisi stres kronis, akan mempercepat proses penuaan dan menyebabkan rambut beruban lebih awal. Ini juga rentan bikin rambut rontok, kusam dan tampak tak terawat.

Kekurangan Nutrisi

Kekurangan vitamin dan mineral tertentu, terutama vitamin B12, Biotin, tembaga, dan selenium, akan memengaruhi kesehatan rambut. Kekurangan nutrisi tertenti ini juga bisa mempercepat pertumbuhan uban di usia yang masih sangat muda. 

Penyakit Autoimun atau Medis Lainnya

Beberapa kondisi medis, seperti vitiligo, alopecia areata, atau kondisi autoimun lainnya, bisa memengaruhi pigmen rambut dan menyebabkan uban. Orang-orang dengan masalah medis tertentu, sangat rentan mengalami risiko rambut beruban di usia yang masih sangat muda. 

Kebiasaan Merokok

Merokok adalah aktivitas yang sangat tidak baik buat kesehatan. Salah satu dampaknya yakni bisa merusak folikel rambut. Ini juga bisa menyebabkan penurunan pigmen, yang pada akhirnya menyebabkan rambut beruban lebih awal dari usia yang seharusnya.

Paparan Radiasi UV dan Polusi

Paparan berlebihan terhadap sinar UV, juga polusi lingkungan akan mempercepat kerusakan struktur rambut. Akhirnya ini bisa memengaruhi produksi melanin dan mempercepat tumbuhnya uban di kulit kepala. 

Meskipun beberapa faktor penyebab uban tidak bisa diubah, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk membantu mengurangi risiko rambut beruban pada usia muda. Ini termasuk menerapkan gaya hidup sehat, memastikan asupan nutrisi yang cukup, mengelola stres dengan baik, serta menjaga kesehatan rambut dengan perawatan yang tepat. Semoga informasi ini bermanfaat dan lakukan pencegahan sedini mungkin untuk rambut yang sehat dan senantiasa hitam legam meski usia terus bertambah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading