Sukses

Health

Rasanya Mungkin Sepat, tapi Buah Kesemek Punya Khasiat Meruntuhkan Kolesterol dan Gula Darah

Fimela.com, Jakarta Buah kesemek umumnya dikenal dengan lapisan bubuk putih yang melapisi permukaannya. Meskipun penampilan buahnya tidak menarik, rasanya cukup enak. Daging buah kesemek memiliki kandungan air yang tinggi, teksturnya lembut, renyah, dan manis. 

Kesemek tidak hanya menghadirkan kenikmatan dan kelezatan, tetapi juga mengandung nutrisi yang berpotensi bermanfaat bagi kesehatan. Antioksidan dan nutrisi penting seperti serat dan vitamin A dapat ditemukan dalam jumlah melimpah di dalam buah kesemek. 

Buah ini juga dikaitkan dengan beberapa potensi manfaat kesehatan. Meskipun mungkin tidak sepopuler atau secantik buah-buahan lainnya, buah kesemek sebenarnya memiliki manfaat kesehatan yang signifikan yang sebaiknya tidak diabaikan.

Yuk simak informasi selengkapnya, dikutip dari berbagai sumber pada Kamis (04/01/2024).

Asal Buah Kesemek

Pohon kesemek, yang berasal dari Tiongkok dan kemudian menyebar ke Jepang, sudah tumbuh sejak berabad-abad lalu karena buahnya yang lezat dan kayunya yang cantik. Buah yang dikenal dengan sebutan kesemek ini memiliki warna orange dan terkenal dengan rasa manisnya seperti madu.

Kandungan Buah Kesemek

Menurut informasi dari nutrition facts, kesemek mengandung berbagai zat seperti tanin, kalori, karbohidrat, protein, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalium, tembaga, niasin, dan mangan.

Selain itu, buah kesemek juga memiliki kandungan vitamin B6 yang berfungsi sebagai pyridoxine, dan menjadi sumber vitamin B1, folat, serta fosfor.

Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan

Khasiat buah kesemek diyakini berasal dari kandungannya yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk kemampuannya meruntuhkan kadar kolesterol dan gula darah untuk meningkatkan kesehatan.

1. Meruntuhkan Kolesterol

Kesemek mengandung polifenol yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kesemek secara teratur dapat efektif mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga mengkonsumsinya setiap hari merupakan saran yang baik untuk membantu mengatasi tingkat kolesterol.

2. Turunkan Kadar Gula Darah

Peran polifenol dalam kesemek meningkatkan produksi insulin dalam tubuh, sehingga diyakini efektif menurunkan kadar gula darah. Mengkonsumsi kesemek secara teratur dapat membantu mencegah risiko terkena diabetes melitus.

Apakah Buah Kesemek Baik untuk Asam Lambung?

Kesehatan pencernaan secara menyeluruh bisa ditingkatkan dengan efektif melalui pemanfaatan buah kesemek sebagai solusi alami untuk mengurangi gejala asam lambung.

Mengapa Buah Kesemek Disebut Sebagai Buah Genit?

Karakteristik uniknya terletak pada warna putih yang menutupi buah, menyerupai bedak yang melapisi permukaannya. Oleh karena itu, sebagian orang menyebut kesemek sebagai buah yang genit, karena "camerok" berdandan dengan bedak. Sebenarnya, bercak putih yang terdapat di kulit kesemek adalah kapur yang sengaja dioleskan untuk mengurangi rasa sepat dan menghilangkan getahnya.

Apakah Buah Kesemek Baik untuk Ibu Hamil?

Menurut informasi dari halodoc yang ditinjau oleh dr. Rizal Fadli, aman untuk mengkonsumsi kesemek ketika sedang hamil. Bahkan, dianjurkan untuk mengkonsumsinya dengan porsi yang seimbang karena berbagai manfaatnya yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan.

Apa Kandungan Gizi Dari Buah Kesemek?

Kesemek memiliki kandungan vitamin yang beragam, termasuk vitamin A sebanyak 32% dari kebutuhan harian, vitamin B6 sebanyak 14%, dan vitamin C sebanyak 80%.

Buah Kesemek Rasanya Seperti Apa?

Kesemek kering memiliki tekstur dan cita rasa yang identik dengan kurma, perbedaannya terletak pada ketiadaan biji pada buah ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading