Sukses

Health

5 Kebiasaan Sepele yang Ternyata Bikin Rambut Cepat Beruban

Fimela.com, Jakarta Uban atau rambut yang berwarna putih sering dikaitkan dengan usia yang sudah tua. Namun kenyataannya, saat ini ada banyak orang yang rambutnya beruban bahkan di usianya yang masih sangat muda pun belia. Dalam beberapa kasus, ada pula anak-anak yang sudah mulai tumbuh uban di kulit kepalanya. Mengutip dari laman healthline.com, uban sendiri bukan hanya proses penuaan. Ini bisa terjadi karena berbagai hal dan kebiasaan. 

Terbentuknya uban dipengaruhi oleh melanin, yakni zat pemberi warna rambut yang terdapat pada folikel rambut. Kadar melanin yang berubah seiring bertambahnya waktu, ini bisa berpengaruh pada kemunculan atau tumbuhnya uban. Ada beberapa kebiasaan sepele yang ternyata bikin rambut sangat cepat beruban. Sayangnya, kebiasaan ini kerap kita lakukan tanpa kita sadari dampaknya. 

Berikut beberapa kebiasaan tersebut.

Paparan Sinar Matahari Langsung

Buatmu yang banyak beraktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari langsung, jangan heran jika mendapati uban di kulit kepala tumbuh lebih cepat. Paparan sinar matahari langsung yang mengandung UV, tidak hanya buruk buat kesehatan dan kecantikan kulit saja. Ini juga sangat buruk buat kesehatan dan kecantikan rambut. Paparan sinar matahari langsung akan meningkatkan masalah rambut beruban lebih cepat dari yang kamu bayangkan sebelumnya.

Rambut Kotor

Terbiasa membiarkan rambut kotor, lepek dan lembab juga akan mempercepat pertumbuhan uban. Rambut yang kotor yang kerap menyebabkan masalah lain seperti rambut kering, bercabang bahkan rapuh. Kerontokan rambut akan semakin meningkat dengan kebiasaan buruk ini. Sebaiknya, cuci rambut setidaknya setiap dua hari sekali.

Stres

Para ahli menemukan jika stres memiliki beragam dampak buruk buat kesehatan. Salah satunya yakni menyebabkan pertumbuhan uban yang sangat cepat. Orang-orang dengan tingkat stres yang tinggi, tak hanya akan mengalami pertumbuhan uban yang cepat tetapi juga mengalami penuaan dini yang lebih tak terkendali.

Gonta-ganti Sampo

Penggunaan sampo saat mencuci rambut sebenarnya adalah hal yang baik. Namun, penggunaan sampo yang terlalu sering, berbeda jenis dan kandungan zat kimia di dalamnya, berpotensi meningkatkan risiko rambut beruban. Untuk penggunaan sampo, sebaiknya pilih sampo yang benar-benar cocok dengan kulit kepala dan rambutmu. Akan lebih baik jika kamu menggunakan sampo alami dengan kandungan zat kimia yang seminim mungkin di dalamnya. 

Membiarkan Rambut Basah Terlalu Lama

Apakah kamu punya kebiasaan membiarkan rambut basah terlalu lama sambil membungkus rambut dengan handuk setelah  keramas? Coba stop kebiasaan ini. Membiarkan rambut basah terlalu lama apalagi sambil membungkusnya dengan handuk, rentan bikin kulit kepala lembab dan panas di waktu bersamaan. Dikhawatirkan hal ini akan mempercepat proses tumbuhnya uban. Sesaat setelah keramas, segera keringkan rambut dan buat kulit kepala senyaman mungkin. Ini akan lebih baik buat kesehatan dan kecantikan rambutmu.

Itulah sekian kebiasaan sepele yang ternyata rentan bikin uban cepat tumbuh. Coba hentikan kebiasaan buruk dan penuh juga nutrisi tubuh sehari-hari demi dapatkan kecantikan rambut yang maksimal. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading