Sukses

Health

Mengenal Gejala Stroke yang Sering Terjadi dan Perlu Diwaspadai

Fimela.com, Jakarta Risiko stroke merupakan risiko kesehatan yang cukup serius. Ini bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pada sebagian besar perempuan dengan usia yang masih sangat muda. Mengenai stroke ini, gejalanya bisa sangat bervariasi.  Ada beberapa tanda atau gejala yang sangat sering terjadi dan penting untuk diwaspadai. Gejala ini juga lebih mungkin serta umum terjadi pada pada perempuan. 

Di bawah ini, ada beberapa gejala stroke yang sering terjadi. Gejala ini bisa dideteksi sedini mungkin agar bisa dicari pencegahan pun penangannya dengan lebih cepat serta bijak. Adapun gejala tersebut antaranya sebagai berikut. 

Gejala Umum

Risiko stroke ditandai dengan beberapa gejala yang sangat umum terjadi. Gejala ini cenderung menyerang hampir semua penderitanya. Adapun gejala tersebut antaranya matinya tiba-tiba satu sisi wajah, lengan atau kaki, seseorang jadi kesulitan berbicara atau menjadi terganggu pemahamannya dan hilangnya keseimbangan pun koordinasi di dalam dirinya.

Gejala Khusus

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa stroke yang berisiko pada perempuan, bisa ditandai dengan beberapa gejala khusus. Namun, sangat penting diingat bahwa gejala ini juga sangat mungkin terjadi pada pria. Adapun beberapa gejala stroke khusus yang sering terjadi antaranya sebagai berikut. 

1. Nyeri Wajah dan Kaki

Beberapa perempuan melaporkan mengalami nyeri di wajah, kaki, atau satu sisi tubuh. Ini bisa menjadi tanda bahwa stroke sedang terjadi.

2. Gangguan Pemahaman

Perubahan tiba-tiba dalam pemahaman, ekspresi emosi yang tidak biasa, atau kesulitan dalam berkomunikasi bisa menjadi indikator stroke pada perempuan. Orang yang berisiko stroke tinggi, juga cenderung kehilangan fokusnya. 

3. Nyeri pada Lengan atau Punggung Atas

Nyeri atau ketidaknyamanan di lengan atau punggung atas, terutama di satu sisi tubuh, bisa menjadi tanda stroke pada perempuan. Meski begitu, gejala ini juga bisa sebagai tanda risiko penyakit lain yang tak kalah berbahaya dari stroke. 

4. Sakit Kepala yang Parah

Stroke bisa disertai dengan sakit kepala parah dan mendadak. Perempuan mungkin melaporkan gejala ini dengan intensitas yang lebih tinggi.

Penting untuk diingat bahwa gejala stroke sebenarnya bisa sangat bervariasi. Dan ini tidak semua orang akan mengalami gejala yang sama. Ketika kamu memungkinkan merasakan adanya gejala stroke atau masalah kesehatan lainnya, jangan segan untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan ke ahlinya. Senantiasa miliki pola hidup sehat agar terhindar dari risiko stroke pun masalah kesehatan lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading