Sukses

Health

5 Sayuran yang Ampuh Mencegah Asam Urat dan Kolesterol Tinggi

Fimela.com, Jakarta Asam urat dan kolesterol tinggi merupakan masalah kesehatan yang tak boleh diremehkan begitu saja. Walau terkesan sepele, jika dibiarkan bertahan di tubuh dalam waktu lama dan tak dilakukan pencegahan pun penanganan, ini bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan lain yang lebih serius. Keduanya juga bisa menurunkan kinerja fungsi organ tubuh secara keseluruhan. 

Dewasa ini, asam urat pun kolesterol tinggi bisa terjadi pada siapa saja. Bahkan terjadi pada orang-orang yang masih berusia sangat muda. Gaya hidup yang tak sehat, kurangnya waktu istirahat, stres, pemilihan makanan yang kurang tepa, digadang-gadang bisa meningkatkan risiko keduanya. Lantas, bagaimana untuk mencegah asam urat dan kolesterol tinggi? 

Dari laman timesofindia.indiatimes.com, ada beberapa jenis sayuran yang ampuh mencegah keduanya. Rutin mengonsumsi sayuran ini dalam porsi yang tepat, akan mencegah risiko asam urat pun kolesterol tinggi secara maksimal. Adapun sayuran tersebut antaranya sebagai berikut.

Bayam

Sayur pertama yang ampuh mencegah asam urat dan kolesterol tinggi ada bayam. Bayam juga dipercaya mampu mencegah risiko peningkatan tekanan darah. Bayam bisa diolah menjadi beragam masakan lezat mulai dari sekedar direbus, dimasak bening, bobor, salad dan masih banyak lagi. Bayam adalah sayuran hijau yang mengandung antioksidan terbaik buat tubuh secara menyeluruh. 

Brokoli

Sayuran satu ini dikatakan sebagai super food. Ini tak hanya lezat diolah menjadi beragam masakan, ini juga mengandung berbagai nutrisi, vitamin dan zat terbaik buat tubuh. Konsumsi brokoli secara rutin setiap hari dengan porsi yang tepat, akan membantu terhindar dari risiko asam urat pun kolesterol tinggi. Antioksidan yang tinggi di dalamnya, juga memungkinkanmu terhindar dari risiko masalah kesehatan mematikan seperti kanker. 

Wortel

Tak hanya bermanfaat mencegah asam urat dan kolesterol tinggi, konsumsi wortel secara rutin juga bisa menurunkan kedua risiko masalah kesehatan ini. Wortel mengandung vitamin dan nutrisi terbaik yang dibutuhkan tubuh. Kandungan vitamin A dan C yang cukup tinggi di dalam wortel, sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh.

Bawang Putih

Meski identik dengan baunya yang terlalu menyengat dan kurang disukai, bawang putih masuk ke dalam jenis sayuran yang bermanfaat tinggi buat kesehatan. Konsumsi bawang putih bisa mencegah risiko asam urat dan kolesterol tinggi. Bawang putih kaya akan antioksidan dan nutrisi yang memaksimalkan kesehatan organ tubuh secara menyeluruh. Ini bahkan dipercaya bisa menurunkan tekanan darah tinggi lebih cepat.

Daun Kelor

Mungkin tak banyak orang yang suka menjadikan daun kelor sebagai sayuran. Namun, mulai sekarang cobalah untuk menyukainya. Sama seperti brokoli, daun kelor termasuk ke dalam superfood yang memiliki segudang manfaat buat kesehatan. Nutrisi yang terkandung di dalamnya tak hanya mencegah asam urat dan kolesterol tinggi, tapi juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini juga bermanfaat menurunkan kolesterol yang terlanjur berlebih dalam tubuh. 

Itulah beberapa jenis sayuran yang cukup ampuh mencegah pun menurunkan risiko asam urat dan kolesterol tinggi. Selain sayur di atas, lobak, buat bit, kubis, terong dan tomat juga sangat ampuh menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat dan mari makin bijak memilih aneka makanan yang kita konsumsi sehari-hari demi kesehatan yang lebih  baik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading