Sukses

Health

5 Cara Mudah Mengurangi Konsumsi Gula untuk Mencegah Diabetes

Fimela.com, Jakarta Diabetes merupakan masalah kesehatan yang semakin umum di seluruh dunia. Salah satu faktor risiko utamanya adalah konsumsi gula yang berlebihan. Tanpa kita sadari, dalam konsumsi makanan sehari-hari bisa jadi kita mengonsumsi banyak gula. Ada beberapa makanan yang tampak sehat ternyata mengandung begitu banyak gula di dalamnya. Kurangnya gerak tubuh, akan memicu kelebihan gula dalam tubuh lebih tinggi. 

Mengurangi asupan gula dalam makanan dan minuman, adalah langkah penting dalam pencegahan diabetes. Ini juga bermanfaat untuk mempertahankan kesehatan yang baik. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantumu mengurangi konsumsi gula berlebih dalam kehidupan sehari-hari. Yuk, simak baik-baik.

Beralih ke Minuman Tanpa Gula

Minuman manis seperti minuman bersoda, jus buatan, dan minuman olahan lainnya bisa menjadi sumber utama kelebihan gula dalam tubuh. Alihkan minumanmu sehari-hari ke pilihan minuman yang lebih sehat seperti air mineral, air lemon, teh herbal tanpa gula, atau air kelapa segar. Ini akan membantu mengurangi asupan gula dan kalori yang tidak perlu.

Hindari Makanan Olahan dan Kemasan

Makanan olahan dan kemasan seringkali mengandung jumlah gula tambahan yang tinggi demi meningkatkan rasa. Bacalah label nutrisi dengan cermat, dan hindari makanan yang memiliki gula tambahan dalam daftar bahan utamanya. Pilihlah makanan segar dan alami sebanyak mungkin, seperti buah-buahan, sayuran, dan sumber protein sehat alami.

Kurangi Konsumsi Makanan Manis dan Camilan

Mengurangi atau menghindari makanan manis dan camilan yang tinggi gula adalah langkah penting dalam mengendalikan gula dalam darah. Cobalah mengganti camilan manis dengan opsi yang lebih sehat seperti buah segar, kacang-kacangan, atau yogurt greek tanpa gula tambahan.

Masak Sendiri dan Kurangi Penggunaan Gula

Memasak makanan sendiri memberimu kontrol penuh atas jumlah gula yang ditambahkan ke dalam makanan. Cobalah mengurangi atau mengganti gula dalam resep dengan pemanis alami seperti madu, stroberi hancur, atau kayu manis. Kamu juga bisa mengurangi jumlah gula yang digunakan secara bertahap, untuk membiasakan lidah dengan rasa yang lebih ringan tanpa gula.

Makan Lebih Banyak Serat

Makanan tinggi serat seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, dan kacang-kacangan tidak hanya bermanfaat untuk pencernaan yang sehat, tetapi juga membantu mengatur kadar gula dalam darah. Kecukupan serat akan membantu mengurangi penyerapan gula dalam darah. Ini juga akan mengurangi keinginan untuk makan makanan manis secara berlebihan. 

Mengurangi konsumsi gula adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan dan mencegah risiko diabetes. Dengan mengikuti cara di atas, ini akan membantumu membuat perubahan kecil dalam pola makan dan gaya hidup sehari-hari. Sejatinya, kamu bisa membantu melindungi diri dari risiko penyakit yang terkait dengan konsumsi gula berlebihan dengan mudah. Mulailah dengan langkah kecil dan miliki gaya hidup yang lebih sehat dan seimbang. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading