Sukses

Health

5 Cara Mencegah Diabetes Melalui Kebiasaan Sederhana

Fimela.com, Jakarta Gaya hidup sehat bisa mencegah risiko terkena diabetes tipe 2. Tindak pencegahan sangat perlu dialkukan jika kita punya risiko mengalami penyakit ini karena obesitas, kolesterol tinggi, atau ada riwayat keluarga mengalami diabetes.

Melakukan sejumlah perubahan melalui kebiasaan sederhana bisa bantu mencegah terkena penyakit diabetes. Melansir laman Mayo Clinic, lima kebiasaan sederhana bisa dilakukan dan diterapkan untuk mencegah terkena diabetes. Belum terlambat untuk memiliki gaya hidup yang lebih sehat. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Miliki Berat Badan Ideal

Kalau mengalami obesitas, menurunkan berat badan bisa bantu mengurangi risiko terkena diabetes. American Diabetes Association merekomendasikan orang dengan pradiabetes perlu menurunkan 7% - 10% berat badannya untuk mencegah perkembangan penyakit. Konsultasikan diri ke dokter untuk menentukan cara yang tepat untuk mendapatkan berat badan ideal dengan pola diet yang sehat.

 

 

2. Rutin Berolahraga

Bergerak aktif setiap harinya juga bisa bantu mengurangi risiko terkena diabetes. Rutin berolahraga bisa bantu menurunkan berat badan, menurunkan gula darah, dan meningkatkan kepekaan terhadap insulin yang membantu gula darah tetap normal. Dalam sepekan, setidaknya luangkan waktu 150 menit untuk berolahraga.

 

 

3. Konsumsi Makanan Nabati

Makanan nabati mengandung vitamin, mineral, dan karbohidrat yang baik untuk tubuh. Makanan kaya serat bisa bantu mengurangi risiko terkena diabetes. Konsumsi makanan yang kaya serat seperti buah-buahan, sayuran hijau, dan gandum utuh secara rutin sangat baik untuk tubuh. Selain itu, hindari juga mengonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung gula dan makanan olahan.

 

 

4. Konsumsi Lemak Tak Jenuh

Lemak sehat mengandung kalori tinggi dan perlu dikonsumsi dalam porsi yang cukup. Untuk bantu menjaga berat badan ideal, makanan yang dikonsumsi perlu mengandung lemak tak jenuh tapi tentu saja dalam kadar yang tak berlebihan. Lemak tak jenuh ini bisa didapatkan dari kacang-kacangan, ikan (seperti salmon,tuna, dan sarden), dan minyak seperti minyak zaitun.

 

 

5. Makan dengan Porsi Cukup

Satu strategi sederhana untuk membuat pilihan makanan yang baik dan makan dengan porsi cukup adalah membagi isi piring menjadi tiga bagian: setengah bagian untuk ragam buah dan sayur, seperempat bagian untuk ragam gandum utuh, dan seperempat bagian untuk ragam protein. Membuat pilihanan makanan yang sehat dan porsi cukup bisa bantu terhindar dari penyakit diabetes.

Itu tadi lima hal yang bisa dilakukan dan dicoba diterapkan dalam keseharian untuk mengurangi risiko terkena diabetes. Semoga infonya bermanfaat, ya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading