Sukses

Health

5 Manfaat Rebusan Air Ketumbar, Menurunkan Gula Darah hingga Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Tanaman ketumbar sepertinya menjadi salah satu tanaman rempah yang paling banyak dimanfaatkan baik dalam bidang kuliner maupun pengobatan. Daun dan bijinya memiliki aroma yang kuat sehingga bisa memberi aroma dan cita rasa yang unik di dalam makanan. Di bidang kesehatan, daun dan biji ketumbar kaya kandungan vitamin dan mineral serta memiliki antioksidan tinggi sehingga dapat membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan bahkan membantu menyembuhkan penyakit.

Cara paling mudah agar bisa mendapatkan manfaat ketumbar untuk kesehatan adalah dengan minum air rebusannya. Dilansir dari berbagai sumber, ini sekian manfaat minum air rebusan ketumbar untuk tubuh.

1. Menurunkan gula darah

Biji ketumbar, minyak ketumbar dan esktrak rebusan ketumbar dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh secara alami sehingga bisa mencegah diabetes karena senyawa di dalamnya mampu mengaktifkan enzim yang bertugas meregulasi gula darah sehingga membantu menurunkan kelebihan kadarnya di dalam tubuh. Penelitian tentang biji ketumbar, salah satunya dimuat dalam jurnal Phytotheraphy reserach:PTR menunjukkan adanya peningkatan sensitivitas insulin sehingga bisa penurunan kadar gula darah.

2. Melawan radikal bebas

Mengonsumsi air rebusan biji ketumbar dapat memberikan asupan antioksidan tinggi pada tubuh sehingga membantu melawan radikal bebas sekaligus meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh terhadap penyakit. Rutin mengonsumsi antioksidan juga dapat menurunkan risiko peradangan dan mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

3. Mencegah kanker

Menurut beberapa penelitian, biji ketumbar yang diambil esktraknya, bisa dengan cara direbus, ternyata memiliki kandungan senyawa seperti terpinene, quercetin dan tokoferol, yang menjadi antioksidan kuat sekaligus bersifat antikanker sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi fungsi saraf. Antioksidan dalam biji ketumbar bahkan diketahui dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker paru-paru, prostat, payudara, dan usus besar.

4. Menurunkan kolesterol dan darah tinggi

Minum air rebusan biji ketumbar juga ampuh dalam menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi dalam tubuh. Itu karena biji ketumbar memiliki sifat diuretik, yaitu membantu tubuh membuang kelebihan natrium dan air sehingga darah tidak menjadi kental. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketumbar juga dapat membantu menurunkan kolesterol karena fungsi antioksidan dan senyawa pendukung lainnya.

5. Melawan infeksi penyakit

Kandungan senyawa antimikroba dalam biji ketumbar juga bisa didapat dengan merebus ketumbar dan meminumnya sehingga dapat melawan infeksi tertentu, terutama yang dibawa oleh makanan, mulai dari infeksi bakteri penyebab pilek, flu, batuk, radang tenggorokan dan semacamnya. Bahkan biji ketumbar dapat melawan bakteri penyebab infeksi saluran kemih menurut penelitian. Minum air rebusan ketumbar juga dapat meringankan gejala flu dan batuk.

Jadi jangan ragu minum air rebusan ketumbar jika ingin menjaga kesehatan tubuh sehari-hari, apalagi ketumbar sangat mudah didapat di pasar atau toko kelontong dekat rumah.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading