Sukses

Health

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Ternyata Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi

Fimela.com, Jakarta Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi medis serius yang bisa meningkatkan berbagai macam masalah kesehatan yang mengancam jiwa. Seperti risiko penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan lainnya. Meskipun ada faktor genetik dan lingkungan yang berperan dalam pengembangan hipertensi, kebiasaan sehari-hari pada kenyataannya bisa berkontribusi besar pada risiko ini.

Inilah beberapa kebiasaan sehari-hari yang ternyata sangat mudah bikin tekanan darah tinggi naik. Kebiasaan ini juga bisa meningkatkan beragam risiko penyakit lain yang terkait dengan tekanan darah termasuk kolesterol tinggi, diabetes hingga obesitas. Apa saja kiranya kebiasaan tersebut? Yuk, simak yang berikut.

Stres Berlebih

Stres adalah bagian alami dari kehidupan, tetapi stres yang berlebihan bisa memiliki dampak negatif pada kesehatan. Ini bisa meningkatkan tekanan darah dalam tubuh. Ketika seseorang mengalami stres, tubuh melepaskan hormon stres seperti kortisol dan adrenalina. Di mana hal ini rentan menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan peningkatan tekanan darah.

Kurangnya Aktivitas Fisik

Gaya hidup yang kurang aktif atau kurangnya olahraga, juga bisa meningkatkan risiko utama tekanan darah tinggi atau hipertensi. Aktivitas fisik membantu menjaga berat badan yang sehat, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi tekanan darah. Kebiasaan duduk yang terlalu lama, dan kurangnya latihan aerobik dipercaya mampu meningkatkan risiko tekanan darah tinggi secara signifikan. 

Konsumsi Garam Berlebih

Asupan garam yang tinggi akan menyebabkan peningkatan tekanan darah. Diet tinggi garam cenderung menyebabkan retensi air dan meningkatkan volume darah. Yang pada gilirannya, ini bisa meningkatkan tekanan darah. Penting untuk membatasi konsumsi garam dan mengonsumsi makanan yang kaya akan kalium, magnesium, dan serat demi memiliki tekanan darah yang stabil. 

Kurang Istirahat

Kurangnya tidur (istirahat) atau tidur yang tidak berkualitas, bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah. Saat tidur, tubuh memiliki kesempatan untuk pulih dan melepaskan stres. Kurang tidur bisa mengganggu proses ini dan menyebabkan peningkatan tekanan darah dalam tubuh. 

Diet Tidak Sehat

Makanan tinggi lemak jenuh, kolesterol, dan gula bisa memicu peningkatan risiko tekanan darah tinggi. Diet tinggi lemak jenuh dan kolesterol, bisa menyebabkan penumpukan plak di dalam arteri. Hal ini dipercaya bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah.

Nah, itulah sekian kebiasaan sehari-hari yang ternyata rentan menyebabkan tekanan darah tinggi. Untuk mencegah peningkatan tekanan darah, penting untuk memiliki pola hidup sehat. Pastikan juga untuk lebih bijaksana dalam memilih aktivitas sehari-hari dan memilih makanan serta minuman yang dikonsumsi. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading