Sukses

Lifestyle

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Gula Darah Tinggi dengan Cepat secara Alami

Fimela.com, Jakarta Tekanan darah adalah ukuran seberapa kuatnya jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Pada orang dewasa dengan kondisi tubuh sehat, tekanan darah yang normal berkisar antara 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg. Kadar gula darah adalah banyaknya zat gula atau glukosa di dalam darah. Kadar gula darah yang normal adalah tidak melebihi 200 mg/dL.

Jika kamu memiliki tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi, maka jangan kuatir. Berikut adalah tips cara menurunkan tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi dengan cepat secara alami.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Disebut tekanan darah tinggi jika tekanan darah melebihi angka 140/90 mmHg. Tekanan darah tinggi bisa mengakibatkan komplikasi seperti penyakit jantung koroner, gagal jantung, stroke, gagal ginjal, kebutaan, diabetes, dan berbagai penyakit berbahaya lainnya. Berikut kami bagikan tips cara menurunkan tekanan darah tinggi.

Susu rendah lemak dan yogurt

Cara menurunkan tekanan darah tinggi yang bisa kamu coba yaitu dengan mengonsumsi susu rendah lemak atau bisa juga diganti dengan yogurt. Kedua produk ini memiliki perpaduan zat yang ampuh sebagai cara menurunkan darah tinggi yaitu kaya kalsium dan rendah lemak.

Buah bit

Mengonsumsi buah bit bisa kamu jadikan salah satu cara menurunkan darah tinggi. Buah bit mengandung nitrat yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dalam waktu sehari semalam.

Gandum

Salah satu makanan yang bisa digunakan sebagai cara menurunkan darah tinggi adalah gandum. Gandum tidak hanya rendah lemak, namun juga tinggi serat dan rendah natrium (garam).

Pisang

Pisang mengandung banyak potasium, yang bisa dijadikan cara menurunkan darah tinggi dan menjaga tekanan darah tetap stabil. Pisang bisa kamu konsumsi secara langsung atau dicampurkan dalam oatmeal.

Ikan

Makanan lain yang bisa kamu jadikan cara menurunkan darah tinggi adalah ikan. Pilihlah ikan yang mengandung asam lemak omega-3 untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung polifenol yang dapat membantu mengurangi tekanan darah, sehingga bisa kamu gunakan sebagai cara menurunkan darah tinggi.

Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi

Gula darah tinggi tidak hanya terjadi karena kekurangan insulin, tetapi juga dapat terjadi apabila sel-sel tubuh tidak sensitif terhadap insulin sehingga gula darah tidak dapat masuk ke dalam sel untuk diproses. Berikut adalah cara menurunkan gula darah tinggi.

Melakukan olahraga

Salah satu cara menurunkan gula darah tinggi adalah dengan berolahraga. Olahraga tidak hanya mengurangi kalori, namun juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Peningkatan insulin akan membantu tubuhmu untuk mengontrol kadar gula darah yang tinggi.

Menjaga berat badan ideal

Ketika berat badan melebihi batas ideal, tubuh akan mengalami stres khususnya pada bagian sel retikulum endoplasma (ER). Hal ini mengakibatkan resistensi insulin yang akhirnya akan membuat kadar gula darah tinggi. Untuk itulah sangat penting menjaga berat badan tetap ideal, sebagai cara menurunkan gula darah yang tinggi.

Memperbanyak makan buah dan sayur

Memperbanyak makan buah dan sayur adalah salah satu cara menurunkan gula darah tinggi. Cobalah buah kiwi yang mengandung serat tinggi, serta sayur okra yang dapat meningkatkan kemampuan otot dalam menyerap glukosa dan membuat gula darah turun.

Tidur cukup

Kurang tidur ternyata berakibat pada berkurangnya kemampuan sel lemak untuk merespon insulin, hormon yang mengatur metabolisme dan berperan besar pada diabetes. Untuk itu, kamu harus memiliki waktu tidur yang cukup sebagai cara menurunkan gula darah tinggi.

Menjaga pola makan

Cara menurunkan darah tinggi yang bisa kamu coba yakni dengan menjaga pola makan. Menjaga pola makan yang dimaksud adalah dengan menjaga makanan yang masuk ke dalam tubuhmu agar tidak melewati batas kalori yang telah ditentukan.

Cara Cepat Menurunkan Darah Tinggi

Hampir semua orang bisa mengalami darah tinggi, untuk itu kami akan bagikan kepada kamu cara cepat menurunkan darah tinggi seperti berikut ini.

Mengurangi konsumsi garam

Salah satu penyebab darah tinggi adalah konsumsi garam berlebih. Untuk itu, cara menurunkan darah tinggi dengan cepat yakni berupa mengurangi konsumsi garam. Usahakanlah tidak mengonsumsi garam lebih dari satu sendok teh per hari.

Berhenti merokok

Selain garam, rokok juga berkontribusi dalam peningkatan tekanan darah. Oleh karena itu, cara menurunkan darah tinggi bisa dilakukan dengan berhenti merokok.

Banyak beraktivitas di luar ruangan

Kadar vitamin D yang rendah dalam tubuh turut meningkatkan tekanan darah. Salah satu cara menurunkan darah tinggi dengan cepat bisa kamu lakukan dengan beraktivitas di luar ruangan agar kulit terpapar sinar matahari. Manakala kulit terpapar sinar matahari, pembuluh darah akan melebar dan tekanan darah akan menurun.

Memijat telinga dan leher

Memijat telinga dan leher bisa menjadi salah satu cara menurunkan darah tinggi dengan cepat. Ada 3 titik yang bisa kamu pijat, berikut adalah caranya.

1. Temukan titik pertama di belakang daun telinga lalu temukan titik kedua. Pijat leher dengan lembut menggunakan jari-jari kamu, dengan gerakan ke atas dan ke bawah mengikuti garis.

2. Titik ketiga terletak pada wajah dengan ketinggian sekitar setengah sentimeter dari telinga. Gunakan ujung jari untuk memijat kedua sisi sekitar selama satu menit dengan gerakan memutar berlawanan arah jarum jam.

Cara Alami Menurunkan Darah Tinggi

Darah tinggi bisa disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang buruk. Namun, ada cara alami yang bisa kamu coba untuk menurunkan darah tinggi. Berikut adalah penjelasannya.

Merendam kaki dalam air panas

Cara menurunkan darah tinggi secara alami yang bisa kamu coba yaitu dengan merendam kaki dalam air panas. Air panas yang dimaksud tentu saja masih dalam batas wajar yang dapat ditoleransi oleh tubuh. Hal ini bertujuan untuk mencegah darah terlalu banyak mengalir ke otak.

Ambillah ember atau baskom berisi air panas, duduklah di kursi dan kamu bisa meletakkan kaki ke dalam air selama 10-15 menit.

Melakukan yoga

Salah satu pose dalam yoga yang bisa kamu jadikan cara menurunkan darah tinggi secara alami yakni dengan menerapkan pose savasana. Pose ini akan membantu menurunkan detak jantung dan tekanan darah. Berbaringlah telentang, tutup mata dan coba rilekskan setiap otot tubuh.

Mendengarkan musik klasik

Salah satu cara menurunkan darah tinggi secara alami yakni dengan mendengarkan musik klasik. Mendengarkan musik klasik bisa kamu gabungkan dengan latihan pernafasan dan meditasi yang akan memberikan efek menenangkan pada tubuh dan mengurangi hormon kortisol penyebab stres.

 

Ternyata ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi. Selamat mencoba dan semoga berhasil yaa..

 

(Olivia Lidya Elsanty/dikutip dari berbagai sumber)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading