Sukses

Health

5 Manfaat Konsumsi Telur Setiap Hari yang Perlu Diketahui

Fimela.com, Jakarta Telur menjadi salah satu bahan makanan yang bisa dengan mudah ditemukan di sekitar kita. Ini juga telah menjadi bagian penting dari nutrisi sehari-hari yang dibutuhkan tubuh. Telur merupakan sumber protein yang kaya nutrisi, mengandung berbagai vitamin dan mineral esensial. Penelitian ilmiah terbaru telah mengungkapkan banyak manfaat kesehatan dari konsumsi telur secara teratur atau setiap hari. 

Para ahli percaya jika telur yang dikonsumsi setiap hari, akan memberikan banyak dampak positif bagi tubuh. Ini tak hanya memberi dampak positif bagi orang dewasa, tapi juga pada anak-anak yang masih dalam proses pertumbuhan pun perkembangan. Dikutip dari laman healthline.com, berikut adalah beberapa manfaat konsumsi telur setiap hari yang perlu diketahui.  

Sumber Protein Berkualitas Tinggi

Telur adalah salah satu sumber protein hewani terbaik yang tersedia. Protein dalam telur mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal "Nutrients", konsumsi protein berkualitas tinggi seperti yang ditemukan dalam telur, bermanfaat meningkatkan kesehatan otot dan membuat berat badan ideal.

Kaya Nutrisi

Selain protein, telur juga mengandung banyak nutrisi penting lainnya. Mereka merupakan sumber vitamin B kompleks, termasuk B12, riboflavin (B2), dan folat (B9), yang penting untuk metabolisme tubuh dan sumber energi sehat. Telur juga mengandung vitamin D, vitamin E, serta mineral seperti zat besi, seng, dan selenium yang dibutuhkan tubuh untuk lebih sehat serta terawat.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Meskipun telur mengandung kolesterol, penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi telur secara teratur dengan porsi tepat, justru berkontribusi signifikan dalam mencegah risiko penyakit kardiovaskular. Bahkan, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal "Heart" menemukan bahwa konsumsi telur justru bisa meningkatkan kesehatan jantung dan organ tubuh lain secara keseluruhan.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Telur bisa menjadi bagian penting dari program penurunan berat badan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal "International Journal of Obesity" menemukan bahwa konsumsi telur sebagai bagian dari sarapan, akan membantu mengurangi asupan kalori secara keseluruhan selama hari. Dan ini akhirnya mendukung program penurunan berat badan.

Menyediakan Nutrisi Penting untuk Otak

Telur mengandung kolin, sejenis nutrisi penting yang berperan dalam pembentukan neurotransmiter otak. Ini bermanfaat memelihara integritas membran sel. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal "The American Journal of Clinical Nutrition" menunjukkan bahwa kolin bisa mempengaruhi kinerja kognitif dan melindungi otak dari perkembangan penyakit neurodegeneratif.

Konsumsi telur secara teratur dipercaya bisa memberikan banyak manfaat kesehatan yang berharga. Dengan kandungan protein berkualitas tinggi, nutrisi esensial, dan kontribusi positifnya terhadap berbagai aspek kesehatan, telur juga bisa menjadi tambahan yang berharga untuk pola makan sehat. Namun, seperti halnya dengan semua makanan, konsumsi telur harus seimbang dan sesuai dengan kebutuhan individu. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk saran yang sesuai dengan kondisi kesehatanmu selama ini. Semoga informasi ini bermanfaat.  

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading