Sukses

Health

5 Alasan Seseorang Mudah Lelah Meski Sudah Istirahat Cukup

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu merasakan kelelahan Sahabat Fimela? Bisa dibilang hampir semua orang pernah merasakan kelelahan di suatu saat di hidupnya. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang merasa lelah. Bahkan ketika ia telah memiliki istirahat cukup bahkan berlebih setiap harinya. 

Merasa lelah atau lemah bisa menjadi pengalaman yang sangat mengganggu. Terutama ketika kita merasa sudah beristirahat cukup. Ada beberapa alasan mengapa seseorang bisa merasa mudah lelah meskipun sudah tidur atau beristirahat cukup. Apa saja kiranya penyebab atau alasan tersebut? Yuk, mari simak yang berikut.

Gangguan Tidur

Meskipun seseorang mungkin tidur selama waktu yang cukup, kualitas tidur juga sangat berpengaruh. Gangguan tidur seperti sleep apnea, insomnia, atau gangguan tidur lainnya akan mengganggu siklus tidur yang normal. Ini rentan menyebabkan seseorang merasa lelah bahkan setelah tidur yang cukup. Ini juga berdampak menurunkan daya tahan tubuh.

Kurangnya Aktivitas Fisik

Meskipun terdengar kontradiktif, kurangnya aktivitas fisik dapat membuat seseorang merasa lebih lelah. Aktivitas fisik yang teratur membantu meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan kebugaran kardiovaskular, dan memperbaiki kualitas tidur, yang semuanya dapat mengurangi kelelahan.

Kurangnya Nutrisi

Nutrisi yang tidak seimbang atau kekurangan nutrisi tertentu, sangat rentan menyebabkan kelelahan. Kekurangan zat besi, vitamin D, vitamin B12, atau asam folat, misalnya, bisa menyebabkan anemia atau masalah kesehatan lainnya. Hal-hal seperti ini sangat memungkinkan seseorang merasa mudah lelah, tidak semangat dan kurang fokus.

Stres dan Kecemasan

Stres kronis atau kecemasan bisa menyebabkan kelelahan fisik dan mental secara keseluruhan. Ketika seseorang merasa cemas atau stres, tubuh akan melepaskan hormon stres seperti kortisol. Hormon ini sendiri bisa sangat mengganggu tidur dan menyebabkan kelelahan. Bahkan ketika kamu telah memiliki tidur yang dirasa cukup selama ini.

Efek Samping Obat-obatan

Beberapa obat-obatan memiliki efek samping yang bisa menyebabkan kelelahan atau mengganggu kualitas tidur. Jika seseorang merasa lelah setelah mengonsumsi obat tertentu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menilai kemungkinan penggantian atau penyesuaian dosis. Beberapa ahli percaya jika obat-obatan tertentu rentan menyebabkan lelah atau ngantuk berlebih. 

Itulah sekian penyebab atau alasan kenapa seseorang rentan merasa lelah meski sudah istirahat cukup. Agar kembali lebih semangat dan penuh energi, penting bagi siapapun untuk memperhatikan kembali pola hidup selama ini, kelola stres dengan baik, bersikap tenang dan positif serta  menutrisi tubuh secara tepat. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading