Sukses

Health

Inspirasi Makanan Rendah Gula yang Direkomendasikan oleh Nutritionist

Fimela.com, Jakarta Jika berbicara tentang inspirasi maka bahan-bahan dengan waktu penyerapan yang lama adalah jawabannya. Sebab, bahan makanan sejenis ini tidak menyebabkan lonjakan dan penurunan gula darah (low glycemic index). Para profesional di bidang kesehatan menyebutnya sebagai ‘makanan dengan GI rendah’.

Tak heran, orang yang ingin mengatur kadar gula darahnya akan memilih makanan dengan skor GI rendah atau sedang. Selain itu, bisa juga dengan mengkombinasikan makanan dengan skor GI rendah dan tinggi untuk memastikan makanannya seimbang.

Di bawah ini, terdapat beberapa inspirasi makanan dengan skor glycemic index yang rendah, direkomendasikan oleh nutritionist Katherine Marengo, mulai dari rekomendasi roti, kacang-kacangan hingga umbi-umbian.

Inspirasi Makanan Rendah Gula Berdasarkan Bahan dan Pemrosesannya

Roti dengan Gandum Utuh

Ada banyak jenis roti yang memiliki skor GI tinggi. Sahabat Fimela harus pintar-pintar memilih roti untuk dikonsumsi. Jangan pilih roti dengan proses produksi yang panjang, sebab produksi berlapis membuat roti kehilangan kandungan serat dari kulit luar biji-bijian. Berikut adalah rekomendasi roti yang bagus untuk menurunkan kadar gula darah.

 

Roti yang Kandungannya Baik untuk Penurunan Gula Darah

  1. Roti gandum utuh, terutama gandum utuh yang digiling dengan batu
  2. Pumpernickel
  3. Roti berbahan gandum hitamRoti yang dibuat dari biji-bijian seperti emmer dan einkorn
  4. Roti dengan less-processed grains

 

Roti yang Kandungannya Kurang Baik untuk Penurunan Gula Darah

  1. Roti putih
  2. BagelRoti berbahan refined grains
  3. Roti dengan tambahan gula
  4. Roti buah dan roti panggang kismis

Buah-buahan

Kecuali nanas dan melon, buah-buahan umumnya memiliki skor GI yang rendah. Hal ini disebabkan sebagian besar buah-buahan segar mengandung banyak air dan serat untuk menyeimbangkan kandungan fruktosa. Namun, seiring dengan matangnya buah, skor GI buah tersebut meningkat.

Buah-buahan yang baik untuk menurunkan gula darah:

  1. Apel
  2. Aprikot
  3. Alpukat
  4. Blackberry
  5. Bluberi
  6. Jeruk bali
  7. Anggur
  8. Persik
  9. Plum
  10. Rasberi
  11. Stroberi

 

Buah-buahan yang kurang baik untuk menurunkan gula darah, tetapi masih dapat dinikmati secukupnya:

  1. Buah kering
  2. Semangka
  3. Nanas
  4. Pisang yang terlalu matang
  5. Kurma

Umbi-umbian

Kentang putih memiliki skor GI yang tinggi. Ubi jalar dan ubi jalar memiliki skor yang lebih rendah– meskipun masih relatif tinggi– dan sangat bergizi. Ubi jalar merupakan sumber serat, potassium, zinc, serta vitamin A dan C yang baik. Pakar kesehatan umumnya merekomendasikan ubi jalar sebagai pengganti kentang putih sebagai sumber karbohidrat.

Kacang dan Biji-bijian

Inspirasi makanan rendah gula yang berikutnya adalah kacang dan biji-bijian. Bahan makanan ini  sangat kaya serat makanan dan memiliki skor GI rendah. Kacang juga mengandung protein nabati tingkat tinggi, asam lemak tak jenuh, dan nutrisi lainnya, 

Seperti bahan makanan lainnya dalam artikel ini, cara terbaik untuk mengkonsumsi kacang-kacangan adalah dengan tidak diolah. Kacang dengan perasa tambahan memiliki skor GI lebih tinggi dibandingkan kacang biasa.

Produk kacang yang bagus untuk penurunan gula darah:

  1. Almond mentah
  2. Kacang mete mentah
  3. Kenari mentah
  4. Pecan mentah
  5. Selai kacang tanpa pemanis
  6. Biji bunga matahari

Produk kacang dengan skor GI relatif tinggi:

  1. Kacang mete
  2. Kacang macadamia
  3. Kacang panggang atau asin
  4. Manisan kacang

Sahabat Fimela, demikianlah penjelasan tentang inspirasi makanan rendah gula yang direkomendasikan langsung oleh ahli nutrisi, ya. Apapun tujuannya, semoga usahamu dalam memperbaiki kadar gula darah di tubuh dapat berbuah manis!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading