Sukses

Health

Efektif Kendalikan Kadar Gula Darah, Ini Cara Konsumsi Buah Bit

Fimela.com, Jakarta Tanaman yang termasuk dalam keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae ini sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan. Mulai dari akarnya, daging buah, hingga daunnya bisa dimanfaatkan. Sebagai contoh, tumbuhan yang sekeluarga dengan lobak ini memiliki bisa berguna untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Oleh karena itu, buah bit menjadi opsi asupan yang sangat baik bagi penderita diabetes.

Dari berbagai sumber pada Kamis (29/2/2024), berikut ini berbagai manfaat dan cara mengonsumsi buah bit untuk diabetes.

Kaya Kandungan Antioksidan

Menurut penelitian yang dipublikasikan di Pacific Journal of Tropical Medicine, tingkat antioksidan yang tinggi dapat berperan signifikan dalam mengurangi risiko komplikasi pada individu yang menderita diabetes. Buah bit telah diidentifikasi sebagai sumber antioksidan yang efektif, dengan senyawa betalain yang berperan sebagai agen anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat.

Memiliki Indeks Glikemik yang Rendah

Jenis makanan rendah glikemik merupakan makanan yang memiliki dampak minim terhadap kenaikan gula darah setelah dikonsumsi. Buah bit, yang memiliki indeks glikemik rendah, hanya sedikit memengaruhi tingkat glukosa darah seseorang. Mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah bermanfaat untuk menghambat peningkatan gula darah.

Tinggi Kandungan Serat

Menurut informasi yang diperoleh dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), serat memiliki peran signifikan dalam mengontrol berat badan dan juga tingkat gula darah individu. Salah satu contoh sumber serat makanan yang bermanfaat adalah buah bit, yang dapat mengurangi kecepatan pencernaan serta penyerapan karbohidrat. Para ahli menyatakan bahwa fenomena ini mampu memberikan dampak positif terhadap pengaturan kadar gula darah yang lebih efektif.

Cara Konsumsi Buah Bit Untuk Mengendalikan Gula Darah

Pertama, buah bit dapat langsung dimakan mentah, seperti dicampur ke dalam salad misalnya. Bisa juga dimasak dengan cara dikukus agar nutrisinya tidak menguap. Kedua, memasak buah bit menjadi sup atau semur seperti memasak kentang atau pun lobak untuk disayur. Terakhir, bagi pecinta makanan matang, buah bit bisa dimasak dengan cara dipanggang.

Jumlah Konsumsi Harian Buah Bit yang Baik

Tidak hanya makanan instan dan long processed food yang harus dibatasi konsumsinya, makanan sehat juga akan kurang bermanfaat jika dimakan secara berlebihan.

Berdasarkan pendapat ahli gizi Ranglani, direkomendasikan untuk mengonsumsi setengah cangkir bit yang sudah dimasak atau mentah untuk setiap porsi. Namun, kebutuhan nutrisi tiap individu dapat bervariasi sehingga disarankan untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan masing-masing orang.

Rasa Buah Bit Itu Seperti Apa?

Rasa buah bit cenderung manis, membuatnya sangat cocok dijadikan olahan minuman segar.

Dari Mana Asal Buah Bit?

Dikutip dari The Spruce Eats, bit berasal dari wilayah Mediterania. Dalam sejarah, masyarakat Yunani dan Romawi mulanya mengonsumsi bit sebagai obat-obatan.

Apakah Buah Bit Bisa Menaikkan HB dengan Cepat?

Buah bit atau beetroot adalah salah satu buah lain yang juga baik dikonsumsi untuk meningkatkan kadar hemoglobin alias Hb dalam darah.

Apakah Buah Bit Mahal?

Anda bisa membelinya dengan harga yang cukup terjangkau karena harga buah bit sendiri terbilang murah.

Kenapa Disebut Buah Bit?

Buah Bit atau beet merupakan bagian akar tunggang dari tanaman bit. Di Indonesia, tanaman ini dan bagian akarnya dikenal dengan nama “bit”. Namun, dalam bahasa Inggris, tanaman ini disebut sebagai “beets”, sementara bagian akarnya disebut “beetroot”.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading