Sukses

Health

5 Tips dalam Memilih Menu Berbuka Puasa yang Rendah Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan adalah waktu yang sangat bermakna bagi umat Islam. Selama bulan ini, sahabat Fimela dapat menjalin silaturahmi dengan melaksanakan buka puasa bersama, yang dapat mempererat tali persaudaraan. Menu makanan saat berbuka puasa sangatlah beragam, Sahabat Fimela bisa memilih makanan rendah kolesterol untuk menjaga kesehatan selama bulan Ramadan. 

Memilih makanan saat berbuka akan menjadi pertimbangan yang sulit. Selera makan cenderung meningkat karena telah menahan lapar sepanjang hari menjadi hawa nafsu yang ingin memakan segala jenis hidangan tanpa memperhatikan nutrisinya. Hal ini dapat menjadi ancaman bagi kesehatan jika sahabat Fimela tidak berhati-hati dalam memilih makanan. Banyak menu yang ditawarkan untuk berbuka puasa tidak rendah kolesterol. Kandungan kolesterol yang tinggi yang dipicu oleh makanan akan berisiko terkena penyakit jantung. 

Oleh karena itu, untuk mengurangi risiko ini, sangat penting bagi sahabat Fimela untuk bijak dalam memilih menu makanan untuk berbuka puasa. Berikut adalah tips untuk memilih menu berbuka puasa rendah kolesterol yang dikutip dari beberapa sumber, yakni Verrywell Health, Healthline, dan Medical News Today. Mari simak sampai akhir!

Tips Memilih Makanan untuk Berbuka Puasa, Hindari Kolesterol Jahat

1. Menghindari makanan berminyak

Gorengan menjadi hal yang identik untuk menu berbuk puasa. Namun, sayangnya gorengan memiliki kandungan minyak yang cukup banyak sehingga dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sebagai gantinya, pilihlah makanan yang dipanggang, direbus, atau dikukus untuk mengurangi asupan lemak jenuh. Selain itu, Sahabat Fimela juga dapat mencoba mengkreasikan hidangan dengan menggunakan teknik memasak yang lebih sehat, seperti memasak dengan sedikit minyak zaitun atau menggunakan bahan-bahan alami yang rendah lemak. Dengan cara ini, kita dapat menikmati hidangan berbuka puasa yang lezat tanpa meningkatkan risiko kesehatan terkait kolesterol.

2. Mengurangi asupan gula 

Beberapa hidangan berbuka puasa menawarkan rasa manis yang menggoda. Untuk menjaga kesehatan, disarankan agar Sahabat Fimela menghindari minuman manis dan makanan penutup yang tinggi gula.Konsumsi gula berlebih dapat berdampak buruk pada kadar kolesterol, dengan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) dan meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL). Sahabat Fimela bisa memilih sumber gula alami yang terdapat dalam buah-buahan, yang juga mengandung serat dan nutrisi lain yang baik untuk kesehatan. Melalui cara ini Sahabat Fimela tetap dapat  menikmati hidangan berbuka puasa dengan rasa manis yang sehat tanpa meningkatkan risiko kesehatan terkait dengan kadar kolesterol.

3. Memilih sejumlah kacang-kacangan 

Memilih berbagai jenis kacang-kacangan dapat menjadi pilihan cerdas untuk menu berbuka puasa. Kacang-kacangan dikenal sebagai makanan yang efektif melawan kolesterol jahat. Sahabat Fimela dapat mengolah kacanag seperti almond, kacang tanah, kenari, atau pistachio untuk menu berbuka. Kacang-kacangan ini mengandung lemak sehat yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Bijak Memilih Makanan Rendah Kolesterol untuk Kesehatan Jantung

4. Menghidangkan sayuran dan buah 

Menyajikan sayuran dan buah dalam menu berbuka puasa adalah pilihan yang sangat sehat. Sahabat Fimela dapat memanfaatkan berbagai jenis sayuran dan buah untuk memperkaya nutrisi saat berbuka. Sebagai contoh, bayam dapat diolah menjadi hidangan sayuran rendah kalori yang juga membantu membersihkan arteri dari bahan berbahaya. Selain itu, buah-buahan seperti apel, anggur, jeruk, dan stroberi juga dapat menjadi pilihan menu rendah kalori yang lezat untuk berbuka puasa.

5. Memilih ikan kaya omega-3

Ikan bisa menjadi menu pilihan rendah kolesterol, contohnya seperti salmon dan makerel. Kedua jenis ikan ini memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang telah terbukti dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), serta mengurangi risiko penyakit jantung. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan teknik memasak agar bahan  ini tetap menjadi menu rendah kalori. 

 

Penulis: Naela Marcelina 

 

#Unlocking The Limitless

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading