Sukses

Health

Ceri Hitam Bisa Meningkatkan Kecerdasan dan Daya Ingat, Benarkah?

Fimela.com, Jakarta Pernahkan Sahabat Fimela mengomsumsi ceri hitam? Ceri jenis satu ini masih satu kerabat dengan ceri yang biasa ditemui dipasaran. Namun, ceri hitam memiliki rasa yang lebih tajam. Kandungan di dalam buah ceri merah maupun hitam ternyata memiliki beberapa manfaat salah satunya meningkatkan kecerdasan dan daya ingat

Peningkatan kecerdasan dan daya ingat dapat dicapai melalui berbagai cara, termasuk melalui aktivitas pengembangan kognitif dan konsumsi makanan yang mengandung nutrisi penting bagi kesehatan otak. Salah satu contoh makanan yang dikaitkan dengan manfaat ini adalah buah ceri.

Lalu, mengapa mengonsumsi ceri hitam dikaitkan dengan kecerdasan dan daya ingat? Simak informasi berikut untuk mengetahui jawabannya. 

Kandungan dan Nutrisi Ceri Hitam

Ceri hitam atau ceri gelap adalah pilihan camilan manis, berair, dan bergizi lainnya. Ceri hitam memiliki profil nutrisi yang mirip dengan ceri manis. Menurut USDA, berikut fakta nutrisi ceri hitam untuk porsi 20 buah ceri (sekitar 1 cangkir) dilansir dari Livestrong.com:

  • Kalori : 90Total 
  • Lemak : 0 gram​
  • Kolesterol ​: 0 mg​
  • Natrium ​: 0 mg
  • Total karbohidrat : 22 gram
  • Serat makanan : 3 gram
  • Gula : 18 gram​
  • Tambahan gula ​: 0 gr​
  • Protein ​: 1 gram

Per porsi, terdapat sekitar 90 kalori dalam ceri hitam. Sama seperti buah ceri berwarna merah yang manis, sebagian besar kalori ceri hitam berasal dari karbohidrat. Ceri hitam juga tinggi vitamin C, dan mengandung sejumlah zat besi dan kalsium.

Ceri Hitam untuk Meningkatkan Kecerdasan dan Daya Ingat

Dilansir dari The Indian Express, anthocyanins yang terdapat dalam ceri diyakini dapat meningkatkan fungsi kognitif, mencegah penurunan ingatan, dan memberikan perlindungan terhadap Penyakit Alzheimer. Selain itu, polifenol yang terkandung dalam ceri membantu proses informasi baru dengan efektif dan meningkatkan komunikasi antara otak dan bagian tubuh lainnya.

Ceri hitam mengandung sejumlah nutrisi yang diketahui bermanfaat bagi kesehatan otak, termasuk flavonoid, antioksidan, dan vitamin C. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa flavonoid dalam ceri hitam dapat membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, serta meningkatkan aliran darah ke otak.

Jika Sahabat Fimela sering merasa pelupa, ceri hitam bisa menjadi penyelamat. Kandungan antioksidan kuat, ceri hitam membantu melindungi sel-sel otak Anda dari kerusakan oksidatif, sementara juga meningkatkan fungsi otak terutama dalam hal daya ingat dan konsentrasi. 

Manfaat Lain dari Ceri Hitam

Selain bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan dan daya ingat, ceri hitam memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh berikut beberapa manfaat ceri hitam yang dikutip dari Genemedics.com

1. Mengobati penyakit asam urat

Ceri hitam telah digunakan untuk mengobati asam urat dan radang sendi karena kemampuannya menurunkan kadar asam urat dalam darah, yang mengurangi rasa sakit dan peradangan. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ceri hitam dapat secara signifikan mengurangi risiko serangan asam urat.

2. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Polifenol dalam ceri hitam memiliki efek kardioprotektif dengan menghambat pembentukan bekuan darah dan melawan kerusakan sel di jantung yang disebabkan oleh radikal bebas.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Studi menunjukkan bahwa polifenol dalam ceri hitam memiliki sifat antihipertensi dengan menyebabkan relaksasi pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah, dan menurunkan tekanan darah.

4. Mencegah kanker

Ceri hitam kaya akan nutrisi seperti vitamin C, serat, karotenoid, dan antosianin, yang semuanya memiliki potensi untuk mencegah kanker. Antosianin, khususnya, telah terbukti menginduksi penghentian siklus sel dan memprogram kematian sel dalam lini sel kanker manusia.

 

Penulis: Naela Marcelina 

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading