Sukses

Lifestyle

Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak Untuk Menghafal

Fimela.com, Jakarta Ketika kita sudah tumbuh dan bertambahnya usia, kita menyadari kemampuan menghafal kita sudah berkurang. Sungguh merupakan hal yang sulit dirasakan namun sering terjadi. 

Contohnya saja hal kecil seperti kamu pergi ke dapur dan lupa tujuanmu ke dapur untuk apa. Atau ketika kamu baru saja melakukan sesuatu seperti percakapan atau rapat, materi yang sudah kamu hafalkan mati-matian malah hilang begitu saja. Kejadian ini bisa disebut sebagai memory loss dan bahkan menyerang berbagai macam usia. 

Dari permasalahan ini akan membuatmu kesulitan untuk memproses hafalan. Lantas bagaimana cara untuk meningkatkan daya ingat otak untuk menghafal? Berikut cara meningkatkan daya ingat otak untuk menghafal. 

 

 

Salah satu cara untuk meningkatkan daya ingat otak adalah dengan mengerti informasi yang didapatkan terlebih dahulu

Dilansir melalui Learning Centre University North of Carolina, cara untuk meningkatkan kemampuan otak untuk menghafal adalah dengan mengerti informasi yang didapatkan terlebih dahulu. Dengan memahami informasi yang rinci kamu akan lebih mudah untuk menghafalnya, jika kamu mengalami kesulitan, kamu bisa menambah porsi waktu untuk memahaminya. 

Setelah itu coba kamu koneksikan informasi tersebut dengan sesuatu yang telah kamu ketahui. Misalnya kamu ingin menghafal bahwa bumi berotasi selama 23 jam 56 detik, ketika hafalan tersebut muncul kamu misalnya bisa mengkoneksikannya dengan informasi rotasi bumi yang kamu ketahui seperti bumi berotasi pada sumbu porosnya. 

Setelah itu coba kamu lakukan tes mandiri, kamu bisa lakukan secara rutin untuk mengukur kemampuan hafalanmu sudah sejauh mana. Biasanya memang ada tipe anak yang mengingat-ingat dengan cara lain tetapi kamu tidak ada salahnya untuk menantang diri dengan melakukan tes mandiri. Dengan tes mandiri kamu juga bisa mengidentifikasi kelemahanmu sehingga kamu dapat melakukan evaluasi untuk meningkatkan hafalanmu. 

Buat visualisasi juga mampu meningkatkan kemampuan menghafal

Ketika kamu memiliki hal yang untuk dihafalkan cobalah mengingat-ingat dengan visualisasi pada otak. Visualisasi sangatlah penting untuk membantumu mempercepat proses hafalan. Misalnya kamu mencoba untuk menghafal sejarah tentang Monalisa. Kamu bisa membuat visualisasi Monalisa dalam pikiranmu untuk membantu mendapatkan kata kunci yang baik atas informasi tentangnya. 

Selanjutnya kamu juga bisa menggunakan teknik bernama the memory palace. Teknik ini melibatkan visualisasi tempat familiar seperti ruangan asrama atau rumah. Bahkan teknik ini juga direkomendasikan oleh Ted Talks karena sangatlah membantu. Kamu bisa mengaplikasikan teknik ini ketika kamu harus menyerap informasi atas suatu tempat, visualisasikan patokan suatu sudut agar dapat membantumu untuk menghafal suatu informasi. 

Terakhir untuk meningkatkan hafalan, kamu juga bisa menggunakan lagu atau musik pendek seperti jingle. Lagu dan jingle membantu bagian otak kanan bernama hemisphere untuk menghafal suatu informasi dengan baik. Misalnya dengan informasi yang kamu buat, kamu bisa ciptakan lagu untuk membantumu menghafal lebih baik. 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Timeless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading