Sukses

Health

Cara Membuat, Potensi, dan Efek Samping Konsumsi Jus Mengkudu Buah Antibakteri yang Bersifat Analgesik

Fimela.com, Jakarta Buah mengkudu adalah buah pohon tropis yang menawarkan banyak manfaat. Pohonnya tumbuh secara alami di Asia Tenggara, buah dan sarinya banyak digunakan sebagai pengobatan tradisional. Buah mengkudu mengandung antioksidan yang tinggi dan dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh, seperti mendukung kesehatan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan.

Pohon mengkudu tumbuh setinggi sekitar 3-10 meter di seluruh wilayah tropis. Buahnya memiliki rasa kuat yang pahit. Biasanya buah diolah menjadi bubur atau jus. Mengkudu juga dapat difermentasi dari jus mengkudu dan gula.

Akan tidak enak rasanya jika kamu mengonsumsinya secara langsun, karena memiliki rasa yang pahit. Akan lebih baik jika kamu mengonsumsinya dalam bentuk jus yang sehat dan menyegarkan. Kamu harus mengetahui cara membuat jus mengkudu, potensi dari jus buah mengkudu, dan efek sampingnya bagi kesehatan jika kamu ingin mengkonsumsinya sehari-hari. Berikut uraian penjelasannya.

Cara Membuat Jus Mengkudu

Peralatan : 

  • Pengaduk
  • Penyaring
  • Blender

 Bahan-bahan : 

  • 1 buah mengkudu matang 
  • Air secukupnya
  • Sari anggur, lemon, atau madu 

Cara Membuat : 

  • Tunggu hingga buah mengkudu matang. Buah mengkudu bisa diketahui sudah matang jika kulitnya bening dan terasa tipis. 
  • Bilas buah sebelum digunakan.
  • Haluskan buah mengkudu dengan ½ – 1 gelas air hingga halus.
  • Saring adonan yang sudah diblender ke dalam wadah (untuk membuang bijinya).
  • Tuangkan jus mengkudu ke dalam cangkir.
  • Isi sisa cangkir dengan es dan sari buah yang kamu gunakkan.

Manfaat Jus Mengkudu

Jus mengkudu memiliki beberapa sifat penghilang rasa sakit dan anti-inflamasi untuk membantu mengatasi rasa sakit, meningkatkan rentang gerak, serta meningkatkan suasana hati. Tinggi antioksidan membantu melawan efek kerusakan oksidatif dan radikal bebas. Dapat mengurangi kerusakan sel akibat asap tembakau namun manfaat ini tidak menjadikan jus mengkudu sebagai alternatif untuk berhenti merokok, namun menyoroti efek antioksidan kuat dari jus mengkudu. Jus mengkudu dapat membantu mendukung jantung dengan menurunkan lemak darah dan kolesterol serta mengurangi peradangan, yang keduanya mungkin merupakan faktor risiko penyakit jantung. Selain kandungan vitamin C yang tinggi, jus mengkudu juga mengandung fitokimia dan antioksidan lain yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh. Jus mengkudu dapat membantu meningkatkan daya tahan atletik juga dapat mendukung penurunan berat badan.

Efek Samping Jus Mengkudu

Meskipun jus mengkudu penuh manfaat namun, jika kamu mengkonsumsinya setiap hari terdapat efek samping yang perlu dipertimbangkan. Mengkudu sendiri rendah gula, namun jika kamu mengkonsumsi jus mengkudu menggunakkan gula akan sama saja, maka perhatikan kadar gula yang ada. Orang dengan penyakit hati atau ginjal perlu memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi jus mengkudu. Kerusakan hati sehubungan dengan jus mengkudu, diduga disebabkan oleh interaksi dengan obat atau ekstrak tumbuhan lain, bukan karena efek jus mengkudu murni. Maka berhati-hatilah. Jus mengkudu mengandung potasium tingkat tinggi, yang mungkin tidak cocok untuk sebagian orang dengan penyakit ginjal.

Nah itu dia beberapa potensi dan efek samping yang bisa ditimbulkan saat kamu mengkonsumsi jus mengkudu selama berturut-turut. Jangan minum jus mengkudu berbarengan dengan obat ya, hal ini akan menimbulkan efek samping yang sangat merugikan. Semoga bermanfaat.

Penulis : Yosefin Natalie

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading