Sukses

Health

Cara agar Tahan Lapar saat Puasa, Perhatikan Asupanmu!

Fimela.com, Jakarta Menjalani puasa membawa tantangan tersendiri, terutama dalam menahan haus dan lapar. Tubuh yang biasanya terbiasa menerima asupan makanan dan minuman secara teratur harus menyesuaikan diri dengan periode puasa yang berlangsung lebih dari 12 jam. Sensasi lapar dan haus sering kali muncul saat menunggu waktu berbuka tiba.

Ketika tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman yang cukup, tubuh bisa merasa lemas dan kurang berenergi, membuatmu kurang semangat dalam menjalani aktivitas. Hal inilah yang seringnya menjadi tantangan dalam menjalankan ibadah puasa.

Apalagi, bagi kamu yang masih harus beraktivitas seharian, tentu ini merupakan tantangan yang tidak mudah dilewati begitu saja. Untuk mengatasi hal ini, Sahabat Fimela dapat mencoba beberapa tips berikut agar bisa tetap kuat dalam menjalani puasa.

Batasi Karbohidrat

Meskipun karbohidrat bisa memberikan rasa kenyang, konsumsi karbonyang berlebihan dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang tidak stabil, membuat tubuh mudah lemas dan kekurangan energi. Maka dai itu, pilihlah makanan dengan karbohidrat kompleks dan seimbang. Kalau memungkinkan, perbanyaklah porsi protein agar kamu bisa kenyang lebih lama,

Berbuka dengan Makanan Manis

Saat berbuka, minumlah teh tawar atau air putih hangat terlebih dahulu untuk membantu membasahi lambung. Selanjutnya, pilihlah makanan manis yang dapat memberikan energi dan mengganti gula darah yang terpakai selama puasa. Namun, pastikan untuk tidak berlebihan dalam konsumsi makanan manis agar kalori tidak bertumpuk.

Tingkatkan Asupan Serat

Konsumsi makanan yang kaya serat dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama. Serat membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh, sehingga memberikan efek kenyang yang lebih tahan lama. Pastikan untuk menyertakan banyak sayuran dan buah-buahan dalam menu sahurmu.

Perbanyak Mengkonsumsi Makanan Berair

Tubuh kehilangan banyak cairan selama puasa, oleh karena itu penting untuk memenuhi kembali kebutuhan cairan tubuh saat berbuka. Pastikan untuk minum minimal delapan gelas air setiap hari, dengan membaginya menjadi tiga gelas saat sahur dan berbuka, serta dua gelas sebelum tidur. Hindari konsumsi kopi yang bisa membuatmu lebih cepat merasa haus.

Itulah tadi penjelasan mengenai tips agar tahan lapar dan dahaga saat puasa. Dengan mengikuti tips di atas, harapannya Sahabat Fimela jadi bisa menjalani ibadah puasa dengan lebih nyaman. Untuk yang menjalaninya, semoga puasamu lancar dan berkah, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading