Sukses

Health

5 Tips Mudah Diet yang Sehat dan Seimbang

Fimela.com, Jakarta Hai Sahabat Fimela! Ini dia tips praktis untuk diet sehat dan seimbang yang mencakup dasar pola makan sehat dan membantu dalam membuat pilihan makan sehat. Dilansir dari nhs.uk.com kunci pola makan yang sehat itu mengonsumsi jumlah kalori yang sesuai dengan seberapa aktif kamu sehingga dapat menyeimbangkan energi yang dikonsumsi dengan energi yang kamu gunakan.

Jika kamu makan atau minum lebih dari yang dibutuhkan tubuh, berat badan akan bertambah karena energi yang tidak digunakan disimpan dalam bentuk lemak. Jika kamu makan dan minum terlalu sedikit, berat badan kamu akan turun. Kamu harus mengonsumsi makanan yang bervariasi untuk memastikan tubuhmu mendapat pola makan seimbang dan dapat menerima semua nutrisi yang dibutuhkan.

1. Utamakan Makanan yang Berkarbohidrat dan Tepung Berserat Tinggi

Karbohidrat yang kamu dapatkan melalui tepung harus mencakup sepertiga dari makanan yang kamu akan makan. Hal tersebut antara lain seperti kentang, roti, nasi, pasta, dan sereal. Pilih biji-bijian utuh yang memiliki serat yang tinggi, seperti pasta gandum utuh, nasi merah, atau kentang yang masih berkulit. Makanan tersebut mengandung banyak serat daripada karbohidrat yang dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Perhatikan lemak yang kamu konsumsi karena lemak yang meningkatkan kandungan kalori.

2. Perbanyak Konsumsi Protein, Buah, dan Sayur

Ikan merupakan sumber protein yang baik dan mengandung banyak vitamin dan mineral. Usahakan makan minimal dua porsi ikan dalam seminggu. Ikan berminyak kaya akan lemak omega-3 yang dapat membantu mencegah penyakit jantung. Kamu bisa memilih ikan segar, beku, ataupun kalengan. Kamu disarankan setidaknya konsumsi lima porsi buah dan sayur setiap hari. Kamu bisa mengkonsumsinya langsung, beku, kalengan, kering atau dijus. Perhatikan guna yang digunakkan jika kamu ingin konsumsinya dengan cara di jus. Karena minuman tersebut mengandung gula dan dapat merusak gigi.

3. Lakukan Kegiatan Fisik yang Produktif

Olahraga yang teratur dapat membantu mengurangi risiko terkena kondisi kesehatan yang serius. Selain itu, olahraga dengan efektif akan membakar lemak yang ada di tubuhmu. Jika kamu memakan sesuatu yang lebih banyak dari porsimu, akan lebih baik jika kamu membakarnya dengan melakukan kegiatan fisik yang produktif. Agar, apapun yang masuk dalam tubuhmu tidak tertimbun dan menjadi sarang lemak.

4. Minumlah Air Putih yang Banyak

Kamu perlu minum banyak cairan untuk mencegah dehidrasi. Cobalah untuk menghindari minuman ringan dan bersoda yang manis, karena tinggi kalori. Bahan-bahan tersebut juga buruk bagi gigi. Bahkan jus buah dan smoothie tanpa pemanis pun mengandung banyak gula gratis. Ingatlah untuk minum lebih banyak cairan saat cuaca panas atau saat berolahraga. Jangan sampai tenggorokan kering dan membuatmu haus.

5. Jangan Lewatkan Sarapan

Beberapa orang melewatkan sarapan karena berpikir itu akan membantu menurunkan berat badan. Faktanya, sarapan sehat yang tinggi serat dan rendah lemak, gula dan garam dapat menjadi bagian dari pola makan seimbang, dan dapat membantumu mendapatkan nutrisi yang kamu butuhkan untuk kesehatan yang baik. Sereal gandum rendah gula dengan susu low-fat dan irisan buah adalah sarapan yang lezat dan sehat.

Nah itu dia beberapa tips mudah yang bisa kamu terapkan untuk pola diet yang sehat dengan gizi seimbang. Jangan lupa untuk tidak memaksakan dirimu dalam melakukan hal yang menyiksa ya! Lakukanlah secara perlahan hingga terbiasa. Pelan-pelan tapi pasti. Semoga bermanfaat.

Penulis : Yosefin Natalie 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading