Sukses

Health

7 Manfaat Daun Kemangi untuk Menurunkan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Kolesterol tinggi merupakan masalah kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang di seluruh dunia. Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kadar kolesterol tetap dalam batas normal.

Banyak cara untuk mengatasi kolesterol tinggi. Penggunaan obat yang etartur dan juga menjaga pola makan salah satunya. Nah, cara alami yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi daun kemangi secara teratur.

Selain digunakan sebagai pelengkap saat makan lalapan, kemangi juga ternyata memiliki banyak manfaat. Berikut ini adalah 7 manfaat daun kemangi untuk menurunkan kolesterol

1. Mengandung Antioksidan Tinggi

Daun kemangi mengandung senyawa antioksidan yang tinggi, seperti flavonoid, polifenol, dan vitamin C. Antioksidan ini dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Dengan mengonsumsi daun kemangi, Anda dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

2. Mengandung Sterol

Daun kemangi mengandung senyawa sterol, seperti beta-sitosterol, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sterol bekerja dengan cara menghambat penyerapan kolesterol dari makanan yang dikonsumsi, sehingga membantu menjaga kadar kolesterol tetap seimbang.

3. Meningkatkan Metabolisme Lemak

Yang tak banyak diketahui, daun kemangi mengandung senyawa aktif yang dapat meningkatkan metabolisme lemak dalam tubuh. Dengan meningkatnya metabolisme lemak, tubuh dapat lebih efektif dalam memecah lemak dan mengeluarkannya dari tubuh. Hal ini membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 

4. Mengandung Serat Tinggi

Mengandung serat tinggi, yang dapat membantu mengikat kolesterol dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui sistem pencernaan. Serat juga membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mengatur kadar gula darah. Dengan mengonsumsi daun kemangi, Anda dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Senyawa ini membantu menjaga elastisitas pembuluh darah, mencegah penggumpalan darah, dan mengurangi peradangan dalam arteri. Dengan demikian, mengonsumsi daun kemangi secara teratur dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung yang disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi sering kali terkait dengan kadar kolesterol yang tinggi. Daun kemangi mengandung senyawa yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, sehingga membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun kemangi mengandung vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, tubuh dapat melawan infeksi dan penyakit dengan lebih efektif. Dalam hal menurunkan kolesterol, sistem kekebalan yang sehat dapat membantu mengendalikan peradangan dalam arteri dan menjaga kesehatan jantung.

Sahabat Fimela, demikian manfaat daun kemangi yang perlu kamu pahami. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading