Sukses

Info

Presiden Jokowi Merekomendasi Tanaman Porang Sebagai Makanan Sehat Masa Depan

Fimela.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut tanaman porang tidak hanya memiliki nilai ekonomi yang menjanjikan melainkan juga berpotensi menjadi makanan sehat di masa depan.

Dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Jokowi menyebut tanaman porang yang dihasilkan di tanah seluas satu hektar bisa mencapai 15-20 ton. Di musim tanam pertama, tanaman porang bisa menghasilkan Rp40juta dalam kurun delapan bulan.

Selain itu, Jokowi juga menyebut bahwa tanaman porang akan menjadi makanan sehat di masa mendatang karena rendah kalori, rendah karbon, dan rendah kadar gula.

“Sehingga saya kira ini menjadi makanan sehat ke depan. Ini juga bisa menjadi pengganti beras yang lebih sehat karena kadar gulanya sangat rendah,” kata Presiden Jokowi mengutip dari laman Sekretariat Presiden.

 

Termasuk umbi-umbian

Jokowi telah menginstruksikan kepada Menteri Pertanian untuk serius dalam mengembangkan komoditas baru ini. Ia juga meminta agar tidak mengekspor porang dalam bentuk mentahan. Melainkan juga dalam bentuk jadi, seperti tepung maupun beras porang.

Porang ini masuk dalam tanaman jenis umbi-umbian yang mengandung karbohidrat glukomanan atau zat gula dalam bentuk kompleks. Tanaman ini biasanya diolah menjadi beras, shirataki, bahan campuran pada produk kue, roti, es krim, permen, jeli, selai, dan bahan pengental pada produk sirup. Porang juga kerap diolah sebagai produk kosmetik.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading