Sukses

Fashion

Membedah Makna dari Pakaian Adat Jokowi Saat Upacara HUT Ke-76 RI

Fimela.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi memilih mengenakan pakaian adat Lampung saat memimpin Upacara HUT ke-76 RI di Halaman Istana Merdeka, tadi pagi (17/8/2021). Dengan nuansa merah putih dan sedikit aksen emas, ternyata ada makna sendiri di balik pakaian adat yang dikenakan Jokowi.

Desainer Didiet Maulana menjelaskan hasil diskusinya bersama Riana Sari Arinal yang merupakan Ketua Dekranasda Lampung tentang busana Presiden Jokowi di HUT ke-76 RI.

"Tahun ini Bu Riana mempercayakan saya untuk mengadakan pelatihan persiapan dan pengembangan UMKM dan UKM dari 15 kabupaten kota di Lampung yang akan diselesaikan dalam beberapa modul pertemuan lewat daring," kata Didiet Maulana.

Didiet pun menjelaskan bahwa Jokowi mengenakan pakaian adat Lampung Pepadun Penyimbang Tetua Adat/Pimpinan dalam Adat yang disiapkan oleh tim khusus dari Lampung.

 

Clean look dengan setelan putih

Sementara, baju dan celana putih yang dikenakan sebagai warna tertinggi dalam adat Lampung. Biasanya dipakai oleh Penyimbang atau Pimpinan dalam Adat. Setelan putih ini melambangkan kesucian dan menjunjung tinggi kejujuran dalam kehidupan.

Sedangkan kain yang dikenakan Jokowi merupakan Sarung Tumpal yang didominasi merah dan emas. Dengan motif Pucuk Rebung yang menggambarkan keagungan.

 

Makna dari aksesori pakaian adat Jokowi

Panjang Sarung Tampul untuk pria yang sudah menikah diposisikan di bawah lutut. Hal ini merupakan simbolis kebijaksanaan dalam berpikir dan mengambil keputusan dalam hidup bermasyarakat.

Aksesori ikat kelapa yang dikenakan Jokowi bernama Kikat atau Puyuh Meghem dengan hiasan Batu Kecubung. Ikat kepala ini merupakan ikon batu yang ada di Tanjung Bintang, Lampung Selatan. Melambangkan pemimpin yang melindungi rakyatnya.

Selendang yang dikenakan Jokowi bernama Selendang Bujur Sangkar/Khikat Akhir. Bermakna kewibawaan sebagai pemimpin. Melengkapi penampilannya, Jokowi mengenakan ikat pinggang Bulu Serti yang biasanya digunakan pria Lampung untuk menyelipkan Terapang atau keris yang menjadi aksesori tradisoinal Lampung.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Imbauan Jokowi agar Sertifikat Vaksin Berlaku di Semua Negara
Artikel Selanjutnya
Hari Dokter Nasional, Jokowi: Mereka Pahlawan Tanpa Pamrih