Sukses

Info

Dengan Opsi Baru, Pengguna WhatsApp Bisa Sembunyikan Last Seen dari Orang Tertentu

Fimela.com, Jakarta Adanya aplikasi pesan seperti WhatsApp sangat memudahkan kita dalam berkomunikasi. Hanya saja kadang ada saja pengganggu yang membuat kita merasa nyaman atau membuat privasi kita jadi terganggu. Seperti ketika ada para pengganggu yang sering usil hanya dengan melihat status kita yang sedang online. 

Untuk itu, WhatsApp akan membuat pengguna lebih mudah mengelola siapa yang bisa dan siapa yang tidak bisa melihat informasi profil, termasuk kapan terakhir kali terlihat (Last Seen). Dalam laporan WABetaInfo, WhatsApp disebut-sebut tengah mengembangkan tool privasi baru yang memungkinkan pengguna mengontrol siapa yang bisa melihat bagian profil mereka.

Sejauh ini masih belum ada opsi yang dapat disesuaikan mengenai siapa saja yang bisa melihat dan siapa yang tidak bisa lihat status online pengguna.

Saat ini "Last Seen", "Profile Picture", dan "About" bisa dilihat oleh semua orang, kontak pengguna, atau tidak bisa dilihat sama sekali. Baru "Status" yang bisa diatur untuk tidak dilihat oleh orang tertentu. 

Seperti yang dipaparkan oleh laman Liputan6.com, mengutip Android Police, Selasa (7/9/2021), WhatsApp tengah menguji kemampuan untuk mengecualikan kontak tertentu agar tidak bisa melihat "Last Seen" dan "Foto Profil" pengguna.

Baru Bisa Digunakan oleh Pengguna iOS

Dengan opsi tersebut, pengguna bisa menyembunyikan "Last Seen" mereka dari beberapa orang tanpa menonaktifkannya sama sekali. Opsi ini juga akan bisa diterapkan pada "Profile Picture" dan "Bio". Dengan begitu, opsi ini bisa memberikan lebih banyak kontrol privasi kepada pengguna ketimbang opsi yang ditawarkan sebelumnya.

Meski begitu, ketika pengguna menonaktifkan "Last Seen", mereka juga tidak akan bisa mendapatkan informasi apa pun dari kontak pengguna lainnya.

Begitu juga saat menonaktifkan "Last Seen" pada orang tertentu, kita juga tidak akan bisa melihat "Last Seen" milik pengguna tersebut.

Diungkap WABetaInfo, kini opsi tersebut terlihat di iOS, namun ke depannya akan hadir untuk semua pengguna di berbagai platform ketika sudah siap.

Fitur "Last Seen" sendiri memang membantu pengguna untuk mengetahui kapan seseorang terakhir kali online di WhatsApp, sayangnya informasi ini juga berpotensi untuk disalahgunakan oleh orang lain.

Untuk itulah, WhatsApp mengembangkan opsi privasinya menjadi jauh lebih fleksibel. Orang yang tidak kita percaya bisa diatur agar tidak melihat "Last Seen" kita.

Apakah opsi baru ini akan lebih membantu kita menjaga privasi diri? Bagaimana menurut Sahabat Fimela?

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading