Sukses

Info

Penggunaan Vaksinasi Covid-19 Jenis Pfizer untuk Anak Usia 5 Sampai 11 Tahun Disetujui Amerika Serikat

Fimela.com, Jakarta Vaksinasi Covid-19 jenis Pfizer BioNTech diberikan izin oleh Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat untuk penggunaan darurat terhadap anak usia 5 hingga 11 tahun. Upaya ini dinilai menjadi langkah penting untuk pemberlakuan vaksinasi terhadap kelompok usia anak-anak.

“FDA telah menetapkan vaksin Pfizer telah memenuhi kriteria untuk otorisasi penggunaan darurat. Berdasarkan bukti ilmiah, manfaat yang diketahui dari vaksin Pfizer-BioNTech COVID-19 pada anak usia 5 tahun lebih besar daripada risikonya,” jelas FDA yang dikutip dari liputan6.com, Senin (01/11).

Otorisasi penggunaan darurat vaksinasi Pfizer pada anak usia 5 hingga 11 tahun oleh FDA dilandaskan rekomendasi para ahli. Dosis yang diberikan pada anak-anak hanya sepertiga dari dosis yang direkomendasikan pada anak usia 12 tahun ke atas.

Vaksinasi jenis Pfizer dianggap 91 persen efektif dalam mencegah penyebaran Covid-19 pada kelompok usia tersebut, terlepas dari dosis yang diberikan. Sekelompok ahli dari Centers for Disease Control of Prevention (CDC) akan bertemu dan merundingkan hal tersebut.

“Sebagai seorang ibu dan dokter, saya tahu bahwa orangtua, pengasuh, staf sekolah, dan anak-anak telah menunggu otorisasi ini. Memvaksinasi anak-anak yang lebih kecil akan membawa kita lebih dekat untuk kembali ke rasa normal,” ucap Janet Woodcock, selaku pejabat dan komisaris FDA.

Janet menyatakan bahwa FDA telah melakukan evaluasi yang komprehensif dan ketat terhadap data, berkaitan dengan keamanan dan efektivitas vaksin Pfizer. Hal ini dilakukan sebagai upaya agar orangtua dan wali lebih yakin terhadap vaksin, dengan terpenuhinya standarisasi tinggi.

Diberlakukan mulai awal November

Jika penggunaan darurat vaksin Pfizer disetujui oleh semua pihak, sekitar 28 juta anak yang telah memenuhi syarat, diharapkan dapat melakukan vaksinasi dosis rendah ini. Vaksinasi akan dilakukan dua kali dengan jarak tiga minggu per dosisnya.

White House, pada awal bulan November, menyatakan bahwa sekitar 15 juta vaksin Pfizer siap dikirimkan dalam waktu seminggu setelah persetujuan. Para pakar kesehatan dan pejabat akan mengumumkan persetujuan vaksin ini sedini mungkin.

Vaksin menjadi salah satu upaya penting untuk anak-anak yang akan melakukan aktivitas sekolah dengan normal. Hal ini diharapkan dapat melindungi anak-anak dari populasi luar atau risiko infeksi virus Covid-19.

“Kami sedang menyelesaikan perencanaan operasional untuk memastikan vaksinasi bagi anak-anak usia 5 hingga 11 tahun tersedia, mudah, dan nyaman,” ujar Jeff Zients, selaku koordinator Covid-19 di White House.

 

Penulis: Meisie Cory

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenal Nocebo, Efek Samping dari Vaksin COVID-19 yang Jarang Diketahui
Artikel Selanjutnya
Tembus 1.078 Kasus, Kenali Ciri-ciri Tubuh Terpapar Covid-19 Varian Omicron