Sukses

Info

10 Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar

Fimela.com, Jakarta Mesin cuci merupakan salah satu barang yang sangat penting di rumah. Selain fungsi utamanya untuk mencuci baju, mesin ini juga dilengkapi pengering. Sehingga baju yang sudah kamu cuci tidak perlu repot lagi untuk menunggu kering yang lama.

Meskipun terdapat kemudahan untuk mengeringkan pakaian. Biasanya akan mendapatkan masalah pada mesin cuci, termausk pengeringnya. Salah satunya yang kerap sekali terjadi adalah pengering mesin cuci tidak berputar atau tidak mengeringkan pakaian.

Padahal keberadaan mesin cuci ini sangat efektif untuk menghemat waktu dalam aktivitas bersih-bersih. Ketika mesih cuci berhenti bekerja atau rusak maka baju harus dikeringkan atau dicuci secara manual. Nah untuk itu mari kita cari tahu apa saja penyebab pengering mesin cuci tidak berputar:

1. Kabel Mesin Cuci Putus

Saat mesin cuci dan pengeringnya tidap berfungsi seperti biasa, maka kamu dapat memperhatikan kabel. Apakah kabel itu baik-baik saja, tercopot, atau putus karena digigit tikus.

Selain itu kamu juga perlu berhati-hati pada beberapa binatang kecil, yang dapat masuk ke saluran pengeluaran air atau pintu bukaan mesin cuci dan pengering yang tidak tertutup rapat.

2. Pengering terlalu Banyak Diisi Pakaian

Selanjutnya masalah umum lainnya yang dapat disebabkan pengering tidak mau berputar adalah isi pakaian yang terlalu banyak. Namun kamu dapat mengatasinya dengan memasukkan pakaian dikit demi sedikit. Jika kamu memasukkan pakaian yang terlalu banyak maka pengering akan lebih berusaha untuk mengeringkan, terkadang membuat pengering kesusahan.

3. Kapasitor Mesin Terbakar

Selanjutnya penyebab mesin tidak mau berjalan adalah kapasitor yang terbakar. Kapasitor pengering, otomatis akan mengalami penurunan kualitas sehingga tidak dapat berputar.

Selain itu ciri-ciri kapasitor pengering yang terbakar adalah muncul suara dengung mesin meskipun pengeringnya tidak berputar. Solusi lainnya adalah dengan mengganti komponen baru kapsitor mesin cuci.

4. Tali Rem Pengering Rusak atau Putus

Masalah lainnya yang dapat membuat pengering mesin cuci tidak bekerja adalah dengan adanya tali rem yang rusak atau putus. Biasanya tali rem akan berfungsi untuk membuat sistem otomatisasi saat pengering bekerja dengan baik.

Namun saat putus maka tali rem tidak bekerja dan mesin tidak akan berputar. Solusinya kamu dapat periksa tali rem pengering mesin,jika masih seret maka harus diganti dengan yang baru.

5. Pintu Mesin Pengering tidak Tertutup dengan Baik

Hal ini memang cukup sepele, namun juga perlu memperhatikannya. Kamu dapat mengecek apakah pintu pengering sudah tertutup dengan benar atau belum. Namun ada beberapa model jenis mesin cuci yang tidak akan bekerja jika pintunya tidak tertutup dengan benar.

6. Elemen Pemanas tidak Berfungsi

Ada beberapa elemen pemanas di pengering yang dapat menghabat kinerjanya sehingga tidak dapat berjalan dengan semestinya. Namun sebaiknya jika terdapat masalah ini, kamu dapat menghubungi teknisi untuk meminta bantuan.

7. Motor Drain Rusak

Pada mesin cuci 1 tabung biasanya terdapat motor drain yang berguna untuk menjalankan proses pengeringan. Jika motor drain rusak maka cucian yang terdapat di dalam tidak akan kering, hal ini dikarenakan pembuangan airnya tidak jalan.

8. Bagian Timmer Pengering Mesin Rusak

Kerusakan lainnya juga dapat terjadi karena bagian timmer pengering yang rusak. Hal ini dapat menyebabkan mesin cuci tidak mau berputar. Kondisi ini akan sering terjadi karena bagian pegas pada mesin cuci sudah usang.

9. Ventilasi Tersumbat

Jika kamu merasa mesin pengering sudah sangat panas, namun pakaian kamu belum kering. Hal ini biasanya akan disebabkan oleh ventilasi yang tersumbat. Kamu juga perlu berhati-hati karena hal ini dapat memicu kebakaran. Ventilasi yang tersumbat juga dapat memerangkap udara panas berlebih di dalam tabung pengering. Akan tetapi sirkulasi udara yang rendah juga dapat membuat pakaian tidak kering.

10. Dinamo Rusak

Dan yang terakhir yaitu dinamo rusak. Hal ini biasanya dapat disebabkan oleh mesin cuci yang melemah atau rusak. Jika sudah begini maka kamu dapat menggantinya dengan dinamo yang baru.

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab pengering mesin cuci tidak berputar yang perlu kamu tahu. Namun jika mengalami masalah lainnya kamu dapat membutuhkan bantuan teknisi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading