Sukses

Info

5,7 Juta Dosis Vaksin Pfizer Diterima Indonesia dari Hasil Donasi dan Pembelian Langsung

Fimela.com, Jakarta Stok vaksin COVID-19 di Indonesia kembali bertambah seiring dengan datanya sekitar 5,7 juta dosis vaksin Pfizer. Tidak dalam satu kali kedatangan, vaksin Pfizer ini akan dibagi menjadi tiga tahap kedatangan vaksin. Yakni kedatangan 126,127, dan 128.

Menurut Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Usman Kansong mengatakan, sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), vaksin COVID-19 yang tiba, segera didistribusikan ke berbagai daerah.

“Vaksin Pfizer tahap ke 126, 127, dan 128 ini mendarat di berbagai kota di Indonesia dan akan langsung didistribusikan ke Dinas Kesehatan di daerah-daerah," tutur Usman mengutip dari Liputan6.com

Setiap dosis vaksin COVID-19 diharapkan dapat segera dimanfaatkan untuk perlindungan kesehatan masyarakat.

 

Kedatangan vaksin Pfizer

Vaksin Pfizer tahap 126 dan 127 merupakan donasi dari pemerintah Amerika melalui COVAX Facility. Pada vaksin Pfizer tahap 126 terhadap 2.632.500 dosis yang mendarat pada Sabtu, 20 November 2021. Sementara tahap 127, vaksin Pfizer berjumlah 866870 dosis yang direncanakan akan tiba pada Senin, 22 November 2021.

Sementara untuk vaksin Pfizer tahap 128 memiliki jumlah vaksin sebanyak 2.259.270 dosis yang didapat melalui pembelian langsung. Vaksin Pfizer tahap 128 akan tiba pada Minggu, 21 November 2020 di empat kota, yakni Jakarta (Bandara Soekarno-Hatta), Semarang (Bandara Ahmad Yani), Surabaya (Bandara Juanda), serta Balikpapan (Bandara Sepinggan).

 

Apresiasi pemerintah Indonesia

“Pemerintah Indonesia menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Amerika Serikat atas dukungan berupa 3,5 juta dosis vaksin Pfizer (jumlah kedatangan tahap 126 dan 127), yang merupakan wujud nyata kekuatan hubungan baik kedua negara,” ucap Usman.

Dalam pertemuan kedua kepala negara di Skotlandia beberapa waktu lalu, Jokowi menyampaikan apresiasi secara langsung kepada Presiden AS atas kerja sama bidang kesehatan selama pandemi. Mulai dari penerimaan stok vaksin COVID-19 melalui mekanisme berbagi vaksin, ventilator, obat-obatan teurapeutik hingga alat kesehatan lainnya.

Simak video berikut ini

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading