Sukses

Info

4 Upaya Pemerintah Wujudkan Target Indonesia Menuju Tahapan Endemi

Fimela.com, Jakarta Menjelang akhir tahun, penanganan kasus Covid-19 di Indonesia cukup terkendali. Tak hanya mempertahankan kondisi ini saja, namun meningkatkannya pada tahapan selanjutnya tentu diperlukan. Oleh karena itu, pemerintah mulai menyusun upaya menuju tahapan perkembangan kasus yang lebih terkendali, yakni status endemi.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito menegaskan, transisi menuju endemi ini dapat sewaktu-waktu terhambat akibat lonjakan kasus yang kembali terjadi. Maka, persiapan dalam menghindari kasus lonjakan kasus pada libur Natal dan Tahun Baru harus lebih diperhatikan dan diwaspadai.

Dalam upaya pemerintah mewujudkan target menuju endemi tentu memerlukan kerjasama semua masyarakat Indonesia. Salah satu hal yang perlu dipahami adalah edukasi masyarakat terkait perbedaan status endemi, pandemi hingga epidemi.

Memahami Endemi, Pandemi dan Epidemi

Kondisi penularan suatu penyakit berdasarkan luas penularannya terbagi menjadi 3 bagian, yakni:

1. Epidemi

Kondisi ini merupakan di mana peningkatan kasus yang cepat di wilayah tertentu. Misalnya, Covid-19 yang awalnya ditemukan pada bulan Desember 2019 di Kota Wuhan, China, kemudian terus menyebar hingga seluruh penjuru Negeri tersebut.

2. Pandemi

Dalam tahapan pandemi, ini merupakan kondisi di mana peningkatan jumlah kasus Covid-19 secara cepat dan bersamaan di banyak negara bahkan di seluruh dunia. Misalnya penetapan pandemi Covid-19 pada 11 Maret 2020 hingga kini.

3. Endemi

Untuk endemi, ini adalah kondisi di mana kasus masih tetap ada di beberapa wilayah dengan jumlah kasus yang rendah dengan laju penularan yang stagnan.

Setelah memahami dan mengenal epidemi, pandemi dan endemi, inilah 4 upaya yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan target endemi di Tanah Air.

Upaya Pemerintah Mewujudkan Target Menuju Epidemi

Dilansir Liputan6, Sabtu (27/11), agar mencapai tahapan endemi Covid-19, pemerintah akan melakukan berbagai upaya. Hal tersebut tentu harus didukung oleh kerjasama dari berbagai elemen masyarakat. Dengan demikian, target Indonesia menuju endemi dipastikan bisa terwujud. Berikut beberapa upaya pemerintah wujudkan target menuju endemi:

  1. Penetapan indikator endemi secara luas atau percakupan daerah dilakukan oleh pemerintah dan berkonsultasi dengan pakar.
  2. Pemantauan kasus melalui surveilans kasus dan genomik Covid-19 secara konsisten.
  3. Terus menekan angka kasus berat dan kematian menjadi angka kesembuhan yang tinggi melalui upaya vaksinasi, perawatan serta pengobatan kasus yang berkualitas.
  4. Menjaga laju penularan tetap dalam kondisi rendah dan terkendali melalui upaya testing dan tracing, penyesuaian aktivitas masyarakat yang aman dan produktif serta mobilitasnya.

Dalam waktu dekat ini, salah satu tantangan Indonesia dalam mewujudkan target menuju endemi adalah libur Natal dan Tahun Baru. Maka, berbagai strategi telah direncanakan dan diputuskan guna mencegah lonjakan kasus ketiga kasus Covid-19 di Indonesia.

Maka dari itu, yuk sama-sama wujudkan Indonesia menuju endemi!

 

*Penulis: Atika Riyanda Roosni.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading