Sukses

Info

Angin Kencang Terjadi di Jakarta dan Sekitarnya, Kenali Siklus Tropis Peddy

Fimela.com, Jakarta Peristiwa angin kencang terjadi di Jakarta beberapa hari ini. Terutama sejak Selasa (23/11/2021) malam. Rupanya, fenomena ini disebut dengan siklus tropis peddy.

 Koordinator Bidang Prediksi dan Peringatan Cuaca BMKG, Miming Saepudin mengungkap, angin kencang yang terjadi dampak dari siklus tropis paddy.

Miming mengatakan, fenomena alam tersebut memang terjadi jauh di seletan Samudra Hindia. Namun, dampak bisa dirasakan di Indonesia.

"Kami memberikan analisis memang kondisi tersebut, secara tidak langsung, sebagai dampak keberadaan Siklon Tropis Paddy di selatan Samudra Hindia," katanya.

Berdampak di Indonesia

Dikutip dari Merdeka.com, siklon tropis akan terus terjadi hingga beberapa bulan ke depan. Hal ini berdampak pada cuaca di Indonesia. Periode November hingga April 2022.

Jadi, kata dia, kewaspadaan potensi siklon di selatan tentunya harus diwaspadai mulai November hingga April

“Kalau bicara mengenai siklon tropis yang saat ini, Paddy ini hari ini sudah mulai melemah,” tutur dia.

Waspada hingga beberapa hari ke depan

Kata dia, tetapi dalam dua hari ke depan, kemungkinan efek siklon Paddy masih ada. Tapi sudah melemah, dampaknya sudah kecil untuk di wilayah Indonesia.

Miming mengatakan, siklon tropis paddy ini dipicu oleh fenomena pergantian angin muson dari timuran menjadi baratan. Maka musim siklon di selatan pun akan muncul.

Menurut dia, siklon paddy memang musiman muncul. Saat ini, sudah masuk ke dalam siklus paddy untuk muncul.

“Dan dari sisi dinamika atmosfer cukup mendukung dimana suhu muka laut sebagai bahan bakar siklon itu cukup hangat di Samudra Hindia,” terang dia.

Kemudian, ditambah angin mendukung, dan adanya gelombang atmosfer untuk tumbuhnya siklon tropis Paddy ini, kata dia. 

 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading